Tingkatkan Mutu Untad Melalui Pendampingan AMI – Palu Ekspres
Pendidikan

Tingkatkan Mutu Untad Melalui Pendampingan AMI

PENDAMPINGAN – Wakil Rektor Untad bidang Perencanaan dan Pengawasan, Prof. Andi Lagaligo Amar, saat memberikan sambutan pada Pendampingan AMI, Sabtu 17 Juni 2017. foto IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Tadulako (Untad), menggelar kegiatan Pendampingan Audit Mutu Internal (AMI), Sabtu 17 Juni 2017.

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber, yakni Dr. J. Pramana Gentur Sutapa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Dharmawan dari Universitas Udayana Bali, dan Prof. Dr. H. Abdul Makhsud dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Menurut Kasubdit Penguatan Mutu Direktorat Penjaminan Mutu Kementerian Riset Dikti, Antari Wahyuning Mawarti, kegiatan ini merupakan bagian dari peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), yang merupakan bagian erat dari satu sistem penjaminan mutu, selain Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Ia menyampaikan, bahwa penjaminan mutu di perguruan tinggi sangat penting, sesuai yang tertulis dalam UU nomor 12 tahun 2012, yang di dalamnya penjaminan mutu memiliki kedudukan tersendiri.

“Terkait tiga hal tersebut, disampaikan bahwa SMPI ini wajib dilaksanakan, oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Untuk itulah Direktorat Penjaminan Mutu, kami berkeinginan membantu semua perguruan tinggi, dalam mengimplementasikan SMPI-nya,” ujar Antari.

Jika SPMI di sebuah perguruan tinggi dapat dikerjakan dengan baik dan benar, maka akan menghasilkan keluaran yang juga baik, dan hasil yang dinilai pada SPME juga akan menjadi baik.

“Sehingga kami terpanggil membantu, guna mengimplementasikan SMPI dengan baik, salah satunya melalui pendampingan audit mutu internal ini,” imbuhnya.

Antari menyebutkan, pihaknya juga memiliki berbagai program lainnya, yang terkait dengan pengenalan mengenai penyusunan dokumen SPMI, serta pelatihan auditor mutu internal.

“Alhamdulillah, dari Untad sudah ada 5 dosen yang sudah ikut pelatihan kami. Kami juga hadir di sini, salah satunya adalah dalam rangka untuk melihat para auditor yang sudah kami latih, bagaimana menjalankan tugasnya.”

“Mudah-mudahan kehadiran mereka, bisa membantu Untad saling berbagi pengetahuan, kesempatan ini mari kita pakai sebaik-baiknya, semoga kehadiran kami tidak sia-sia, dapat membawa manfaat bagi kita semua khususnya bagi Untad,” ujarnya lagi.

Wakil Rektor Untad bidang Perencanaan dan Pengawasan, Prof. Andi Lagaligo Amar menyampaikan rasa terima kasihnya, kepada Direktorat Penjaminan Mutu Kementerian Ristek Dikti, yang telah berkesempatan memberikan pendampingan tersebut.

“Melalui kebersamaan yang telah terjalin, pihak Kemenristekdikti dalam hal ini Direktorat Jenderal Belmawa turun ke Direktorat Penjaminan Mutu, dan kita didatangi untuk acara penting sehari ini, yakni pendampingan Audit Mutu Internal, itu semua adalah dalam kerangka pemutuan pendidikan tinggi di nusantara. Mudah-mudahan kita dapat manfaat sebesar-sebesarnya,” kata Andi Lagaligo.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!