Ternyata, Tiket Pesawat Jadi Penyumbang Tingginya Inflasi – Palu Ekspres
Ekonomi

Ternyata, Tiket Pesawat Jadi Penyumbang Tingginya Inflasi

PALU EKSPRES, JAKARTA – Setiap hari raya Idul Fitri umat muslim selalu mengupayakan untuk pulang kampung (mudik). Berbagai cara yang ditempuh agar sampai ke kampung halaman. Mulai dengan jalan darat naik angkutan umum atau kendaraan pribadi atau naik kereta api

Sedangkan pemudik yang kampung halamannya sangat jauh kerap memilih moda transportasi udara alias pesawat terbanng. Namun tingginya tingkat pemesanan tiket pesawat membuat harga tiket melambung tinggi. Akan tetapi tiket ini tetap saja dibeli konsumen.

Tingginya harga tiket pesawat ini menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepri, Gusti Raizal Eka Putra merupakan menjadi salah satu pemicu tingginya inflasi.

Dia menyebutkan, 0,17 persen inflasi di Kepri disumbangkan oleh mahalnya tarif penerbangan saat menjelang lebaran. “Gaji segitu-segitu aja, sedangkan harga tiket melambung tinggi,” kata Gusti Raizal Eka Putra seperti dilansir Batam Pos, Kamis (8/6).

Dia mengatakan, penyebab inflasi ini juga disebabkan jarak yang terlalu jauh antara tarif batas bawah dan atas tiket maskapai. Andai bisa menekan hal itu, atau tarif batas atas dan bawah tidak terlalu jauh jaraknya. Maka dipercaya dapat menekan inflasi daerah di Kepri.  “Khusus angkutan udara, inflasi yang mereka sumbangkan hingga periode Mei,” tuturnya.

Karena tarif batas atas dan bawah ini adalah kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurut Gusti perlunya pengkajian tarif tiket pesawat. Terutama untuk batas atas dan batas bawah. Bila inflasi bisa ditekan, dapat menjaga stabilitas keuangan dan ekonomi di daerah. “Untuk mencapai stabilitas nasional, didukung dengan stabilitas di daerah,” tandasnya.

(ska/iil/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!