Selain Hidayat Lamakarate di Posisi Sekda, Ini Beberapa Nama yang Bakal Diganti – Palu Ekspres
Daerah

Selain Hidayat Lamakarate di Posisi Sekda, Ini Beberapa Nama yang Bakal Diganti

PALU EKSPRES, PALU – Siapa saja pejabat baru yang menempati posisi-posisi strategis di lingkungan Pemerintah Provinsi? Siapa pula yang harus bergeser ke posisi lain?

Sejauh ini sekurangnya tujuh jabatan struktural dipastikan lowong. Para pejabatnya sudah pensiun. Ada yang sudah diisi oleh pelaksana tugas. Tentu saja tak permanen. Harus segera diisi agar roda pemerintahan lancar berderak.

Jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang diisi Pelaksana Tugas Derry Badrun Djanggola setelah sekian lama, mulai Jumat, 11 Agustus 2017 hari ini sudah terisi oleh Mohammad Hidayat Lamakarate.

Hidayat bukan orang baru. Ia Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik. Pun sudah lama namanya disebut-sebut sebagai Sekdaprov yang diinginkan Gubernur Longki.

Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Pengembangan Kawasan Moh Faisal Mang kemungkinan besar akan mengisi jabatan Asisten Administrasi Umum Dan Organisasi Sekda Provinsi yang merupakan jabatan utama Derry sebelum menjadi Plt Sekda Provinsi.

Sejumlah nama sudah digadang-gadang untuk mengisi posisi strategis. Kemungkinan besar diisi tanpa melalui seleksi terbuka.

Adapun permohonan Derry untuk menjadi Widyaswara di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi sudah disetujui.

Jabatan Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi juga harus diisi. Abubakar Almahdali segera pensiun. Ia juga sama dengan Derry dipastikan akan menjadi Widyaiswara.

Begitupun jabatan Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral yang sudah ditinggal pensiun oleh Bambang Sunaryo. Saat ini, Bunga Elim Somba, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi menjadi Plt-nya.

Jabatan Dinas ini menjadi salah satu posisi yang banyak diincar. Mekanisme seleksi terbuka tentu akan dipilih untuk menentukan pengganti Bambang. Permohonannya menjadi Widyaswara juga sudah disetujui. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang dijabat oleh Anshayari Arsyad juga lowong.

Mantan Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Anuntaloko Parigi itu juga sudah bermohon untuk menjadi Widyaswara. Penggantiannya bisa jadi tidak lagi melalui seleksi terbuka.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu, Renny Lamadjido dipastikan menggantikan Anshayari.

Adapun Kepala BKD Provinsi yang akan ditinggal Aries Singi disebut-sebut juga sebagai ‘posisi basah’ yang banyak diminati setelah Dinas ESDM. Apakah nanti akan ditentukan melalui seleksi terbuka atau penempatan pejabat yang sudah ada serta memenuhi syarat, kita tunggu saja.

Biro Hukum Sekda Provinsi yang lowong juga sangat menantang. Tinggal dilihat saja siapa pejabat yang mau mendaftar mengikuti seleksi terbuka nantinya. Begitu pun Biro Umum.

Ada kemungkinan pula rotasi di biro-biro dilakukan untuk penyegaran. Biro Humas dan Protokoler juga menjadi posisi idaman banyak pejabat. Sebab Biro ini dekat dengan aktifitas Gubernur.

Jadi pada dasarnya kalimat kunci dari rotasi dan mutasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulteng adalah mengisi posisi kosong berdasar penempatan atau menjadi pejabat baru melalui seleksi terbuka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!