Parmusi Tingkatkan Kualitas Da’i Sulteng – Palu Ekspres
Daerah

Parmusi Tingkatkan Kualitas Da’i Sulteng

Ketua Umum PP Parmusi, Usama Hisyam,(tengah), Ketua PW Parmusi Sulteng, Abdul Rachman Thaha (dua dari kanan) foto bersama peserta TOT Da'i Parmusi, Sabtu malam 14 Oktober 2017 di Masjid Agung Darussalam Palu. FOTO HAMDI ANWAR/PE

PALU EKSPRES, PALU – Pogram kerja organisasi Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) saat ini fokus mencetak sebanyak-banyaknya pendakwah berkualitas melalui Training of Trainers (TOT) para da’i.

Setelah menggelar perdana di Makassar Sulawesi Selatan, pengurus pusat (PP) Parmusi kini menggelar TOT di Palu Sulteng, Sabtu 14 sampai dengan Minggu 15 Oktober 2017 di Masjid Agung Darussalam Palu. Sulteng menjadi provinsi kedua yang menggelar TOT da’i Parmusi yang baru diprogramkan beberapa waktu lalu.

TOT da,i Parmusi dengan tema merajut persaudaraan umat membangun bangsa, diikuti sedikitnya 50 peserta yaitu para da’i dari Kota Palu, Donggala, Tolitoli, Luwuk dan kabupaten Buol.

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Parmusi Sulteng, Abdul Rachman Thaha menjelaskan, TOT merupakan program PP Parmusi yang ditujukan mencetak da’i untuk menyebarkan dakwah islami kepada umat islam. Menurutnya, saat ini ahlak dan moral masyarakat begitu terpuruk. Mudah pecah dan diadu domba.

“Dalam situasi itu, Parmusi hadir di masyarakat. Untuk menjaga dan kokohkan silaturahim dengan metode penciptaan da’i berkualitas,”kata Rachman, dalam sambutannya.

Parmusi menurutnya sebuah organisasi yang bergerak dibidang dakwah, sosial dan pendidikan. Bukan organisasi partai politik apalagi berafiliasi pada partai.

“Parmusi punya kepedulian dan hanya semata-mata bergerak untuk ummat,”ujarnya. Rachman berharap kegiatan Parmusi tidak selesai hanya sebatas TOT. Kedepan kegiatan Parmusi dikembangkan pada perekrutan da’i ditingkat daerah kabupaten.

“Karena kalau ahlak dan moral rusak maka satu daerah itu akan rusak. Karena itu Parmusi melalui para da’i berkewajiban untuk menegakkan akidah islam bagi umat,”jelasnya.

Melalui Parmusi, Rachman bertekad perlihatkan islam sesungguhnya, yaitu Islam rahmatan Lil alamin. Agama yang damai dan menghargai perbedaan demi bangsa dan negara.

Ketua Umum PP Parmusi, Drs H Usama Hisyam, membuka TOT menjelaskan, untuk menyebarkan dakwah yang berkualitas, tidak perlu dengan banyak da’i. Dengan jumlah sedikitpun, da’i bisa melakukannya.

“Tidak perlu banyak, Kalau saya cukup 12 da’i. Tapi da’i yang benar-benar militan. Yang tujuan dakwahnya adalah jihad di jalan Allah,”kata Usama.

Cita-cita besar Parmusi kata Usama adalah mendekatkan kembali umat islam kepada Rasulullah SAW. Untuk mewujudkan itu menurutnya memang butuh da’i berkualitas iman dan ihsan.

Usamah mengaku miris dengan umat islam. Sebab, dari 187 penduduk ber KTP muslim, hanya 20 persen diantaranya yang benar-benar menjalankan ibadah sesuai syariat. Menegakkan akidah dan pengetahuan iman, islam dan ikhsan bagi masyarakat.

“Tugas utama para da’i, mengislamkan kembali umat islam,”jelasnya. Dia menyebut, Jika ada daerah di Sulteng yang keterbatasan da’i. maka PW Parmusi akan berupaya menyiapkannya dari Palu. Sekaligus melakukan rekrutmen da’i secara terbuka.

“Dengan begitu gerakan dakwah di Sulteng terlaksana dengan kualitatif,”terangnya. Kehadiran Usama Hisyam di Palu mengikuti sejumlah agenda. Yaitu pencanangan gerakan Indonesia salat subuh melalui Palu subuh berkah. Mengunjungi lokasi binaan parmusi, dusun, suku tajio dalam rangka pembangunan masjid.

(mdi/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!