Parimo akan Rekrut 1000 Orang Pasukan Bela Negara, Gabung Yuk! – Palu Ekspres
Daerah

Parimo akan Rekrut 1000 Orang Pasukan Bela Negara, Gabung Yuk!

PALU EKSPRES, PARIMO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), kembali akan melakukan rekruitmen kepada Masyarakat Parimo untuk menjadi pasukan Bela Negara (Belneg) angkatan ke dua,  yang rencananya akan digelar pada bulan juli tahun ini.

Kepala Badan Kesbangpol Parimo, Kamiludin Passau pada saat ditemui Palu Ekspres di ruang kerjanya belum lama ini, mengatakan, jumlah peserta Bela Negara  yang akan direkrut, yakni 1000 orang dan waktunya dipersingkat  selama tiga hari. Hal itu mengingat fasilitas pendukung pemerintah daerah yang kurang, seperti penginapan, hotel untuk tempat tinggal pasukan, sehingga waktu Diklatnya dipersingkat.

Sebenarnya kata dia, lama atau tidak waktu yang akan digunakan dalam kegiatan ini tergantung materi yang akan diberikan oleh tim pengajar.

“Berapa jam dalam satu materi itulah yang menentukan lama atau tidaknya kegiatan ini, tetapi kalau memang materi tentang Bela Negara ini diberikan secara full,” ujarnya.
Makanya, lanjut dia,  waktunya mungkin sampai satu bulan, karena mengingat fasisitas  minim, sehingga dipilih waktunya hanya sampai tiga hari saja.

Ia menambahkan rekruitmen ini mengarah kepada Organisasi Masyarakat (Ormas), karena  ormas ini masih banyak yang belum dapat Pendidikan Bela Negara seperti Ormas OKP, dan Pelajar.

Kegiatan ini akan dipusatkan di lokasi eks sail tomini. Setelah selesai diklat ini, para peserta akan mendapatkan sertifikat dan pakaian seragam yang anggarannya bersumber dari dana  APBN.

Diangkatan pertama tahun 2016 ini tambahnya, Parimo sudah merekrut 100 orang Pasukan Bela Negara. Program ini setiap tahun diadakan, tergantung daerah mana yang siap untuk melaksanakanya.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!