Oooo…Ini Toh Penyebab Orang Belum 50 Tapi Sudah Ubanan – Palu Ekspres
Kesehatan

Oooo…Ini Toh Penyebab Orang Belum 50 Tapi Sudah Ubanan

PALU EKSPRES, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, rambut beruban adalah hal yang tak terelakan. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya penyebab dari perubahan warna yang dikonotasikan dengan usia tua ini?

Menurut dermatolog yang berbasis di NYC, Gary Goldenberg, M.D., rambut beruban pada dasarnya terjadi akibat kurangnya pigmen melanin pada folikel rambut.

Hal ini disebabkan oleh terhentinya fungsi melanosit (sel yang memproduksi pigmen) akibat dari pertambahan usia tersebut.

Umumnya rambut uban baru terjadi di usia 50 tahun, namun pada kasus tertentu, juga dapat terjadi pada usia yang lebih muda. Menurut Dermatolog yang juga berbasis di NYC, Joshua Zeichner, M.D., ada hubungannya dengan masalah genetika.

“Jika ayah atau ibu Anda mengalami uban di usia dini, ada kemungkinan hal yang sama terjadi pada Anda dan tak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya,” kata Zeichner.

Namun jika tidak ada keluarga Anda yang mengalami uban dini, ada faktor lain yang menyebabkannya. Kekurangan vitamin B12, kata Goldenberg, adalah hal yang sering dikaitkan dengan kondisi ini.

Selain kedua faktor di atas, faktor ketiga adalah kebiasaan merokok Anda juga bertanggungjawab atas munculnya rambut putih di kepala Anda.

“Hal ini ada kaitannya dengan kekurangan nutrisi yang terkait dengan kebiasaan merokok atau buruknya kesehatan dan gaya hidup,” jelas Goldenberg.

“Sangat mungkin radikal oksigen bebas yang jumlahnya meningkat akibat merokok menyebabkan kerusakan folikel rambut dan menyebabkan rambut ubn prematur,” tambahnya.

Sementara penyebab yang satu ini Anda pastinya sudah sangat familiar. Stress secara konstan dapat menyebabkan rambut Anda beruban lebih awal. Hal ini, kata Goldenberg, disebabkan oleh tingginya kadar kortisol, yang menyebabkan kerusakan pada folikel dan sel melanosit.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!