Nih, 8 Penyakit Langka yang Pernah Tercatat dalam Sejarah – Palu Ekspres
Kesehatan

Nih, 8 Penyakit Langka yang Pernah Tercatat dalam Sejarah

PALU EKSPRES, JAKARTA – Dunia kedokteran telah mencatat begitu banyak penyakit yang pernah di derita manusia. Tidak ketinggalan beberapa penyakit unik yang membuatnya langka ditemukan pada manusia.

Berikut ini 8 daftar penyakit langka yang pernah tercatat dalam sejarah yang mungkin ingin Anda ketahui seperti dirangkum dari beberapa sumber:

1. Sindrom mayat hidup

Sindrom mayat hidup atau juga dikenal dengan nama Cotard Syndorme, diambil dari nama neurolog yang pertamakali menjelaskan kondisi kesehatan ini pada tahun 1882.

Sindrom mayat hidup adalah gangguan kejiwaan dimana penderitanya meyakini bahwa dirinya kehilangan sebagian anggota tubuhnya atau bahkan merasa dirinya tidak lagi hidup.

2. Sindrom tangan alien

Sindrom tangan alien (STA) adalah gangguan fungsi motorik tubuh yang langka. Penyakit ini dapat menyebabkan si penderita menggerakan tangannya sendiri di luar kendalinya.

Contohnya, pada seseorang dengan STA sedang mengancingkan kancing kemejanya dengan salah satu tangan, sementara tangan lainnya malah membuka kancing tersebut dan dilakukan tanpa ia sadari.

3, Sindrom manusia batu

Penyakit langka ini dapat mengubah otot dan jaringan saraf seperti ligamen dan tendon, beregenerasi menjadi tulang, menyebabkan tumbuhnya tulang baru yang menyebabkan imobilitas bagi penderitanya.

Gejala pertama yang disebabkan oleh penyakit bernama lain fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP) ini adalah perubahan yang ditunjukan pada jempol kaki diikuti dengan sendi yang kaku, gangguan pergerakan dan sulit bernafas.

4. Sindrom Alice in Wonderland

penyakit yang diberi nama nama Alice in Wonderland Syndrome (AIWS), penyakit yang menyerang fungsi otak ini merubah persepsi penderitanya tentang ukuran, baik ukuran benda di sekitarnya maupun dirinya sendiri.

Juga dikenal sebagai Todd’s syndrome atau lilliputian hallucinations, penderita AIWS dapat merasakan perubahan pada tubuhnya yang membesar yang membuat benda di sekelilingnya mengecil. Sebaliknya ketika benda di sekelilingnya terlihat besar, si penderita akan merasa sangat kecil.

5. Sindrom Angleman

Penyakit langka ini mencegah penderitanya untuk dapat tidur dengan lelap. Kesulitan fokus dan selalu terlihat bahagia adalah salah satu gejala lain yang ditunjukan penderitanya.

6. Sindrom Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser

Adalah sebuah kondisi dimana terjadi kelainan pada alat reproduksi dan rahim. Kondisi langka ini sendiri hanya terjadi pada 1 dari 4.500 bayi perempuan yang baru lahir dengan penyebab yang belum diketahui.

7. Sindrom aquagenic urticari

Mereka yang menderita penyakit ini akan merasakan gatal-gatal begitu melakukan kontak dengan air, biasanya terjadi di sekitar leher, tangan dan area di atas panggul.

8. Keratitis obturan

Telinga manusia memproduksi earwax untuk melindungi indera pendengaran dari gangguan external. Namun pada mereka yang mengalami kertitis obturan, telinganya justru membentuk wax yang menyumbat lubang. Terkadang menyakitkan dan terasa penuh.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!