Kamu Harus Tahu, Durasi Tidur yang Dianjurkan Berdasarkan Usia – Palu Ekspres
Kesehatan

Kamu Harus Tahu, Durasi Tidur yang Dianjurkan Berdasarkan Usia

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kualitas tidur seseorang di malam hari sangatlah mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena tidak hanya memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat, tidur juga mengembalikan fungsi tubuh yang kelelahan setelah beraktifitas.

Sebab itu, kekurangan tidur atau kesulitan untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang baik seringkali bertanggungjawab atas terjadinya sejumlah penyakit dan beberapa masalah kesehatan.

Perlu diingat bahwa durasi tidur kurang dalam lima jam setiap malamnya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sementara mereka yang tidur kurang dari 7 jam beresiko lebih tinggi terkena diabetes dan bertambahnya bobot tubuh.

Tidak cuma itu, paparan sinar gadget yang digunakan manusia modern dewasa ini juga bertanggungjawat atas rusaknya pola tidur manusia yang sehat.

Akibatnya gangguan seperti hilangnya napsu makan, kelelahan, kesulitan untuk berkonsentrasi, mengambil keputusan dan berpikir jernih, kerap di alami orang-orang dan mungkin juga Anda yang membaca artikel ini.

Karena itu, tidak hanya sekedar menutupkan mata, mengetahui durasi yang esensial untuk tidur yang sehat, adalah krusial untuk menentukan kualitas tidur yang Anda dapatkan.

Berikut ini durasi tidur yang dianjurkan National Sleep Foundation berdasarkan usia:

Bayi baru lahir — 14-17 hours

Bayi 4-11 bulan -— 12-15 jam

Anak usia 1-2 tahun — 11-14 jam

Anak usia 3-5 tahun — 10-13 jam

Anak usia 6-13 — 9-11 jam

Remaja 14-17 — 8-10 jam

Remaja 18-25 — 7-9 jam

Dewasa 26-64 — 7-9 jam

Lanjut usia atau di atas 64 tahun – 7-8 jam

(ruf/fajar)

Sumber: Fit Hacker

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!