Jelang Pelaksanaan TTG ke-19, Jokowi Bakal Panen Udang di Dolago – Palu Ekspres
Daerah

Jelang Pelaksanaan TTG ke-19, Jokowi Bakal Panen Udang di Dolago

PENINJAUAN - Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) RI, Slamet Subjakto, didampingi Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE meninjau lokasi tambak ikan di desa Dolago, Sabtu (19/8). Foto : Istimewa

PALU EKSPRES, PARIGI – Direktur Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Slamet Subjakto didampingi Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE meninjau lokasi tambak udang dan ikan bandeng di Desa Dolago, Sabtu (19/8).

Tambak udang dan ikan yang ditinjau itu rencananya akan dijadikan lokasi panen raya Presiden Joko Widodo saat menghadiri gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-19 tingkat Nasional Tahun 2017 di Kabupaten Parigi Moutong, tanggal 27 September mendatang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong, Sabarudin Kilis yang ikut dalam peninjauan itu mengatakan, kedatangan Ditjen Perikanan Budidaya, Slamet Subjakto dalam rangka mengecek sekaligus memastikan kesiapan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong pada acara panen raya yang akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

“Beliau melihat secara langsung kesiapan tambak udang dan ikan bandeng yang akan dipanen, karena sesuai rundown acara TTG Presiden RI akan melakukan panen raya udang dan ikan bandeng di desa Dolago ini,”kata Sabarudin Kilis melalui sambungan telpon, Sabtu (19/8).

Saat ini, Kabupaten Parigi Moutong memiliki potensi tambak dengan luas mencapai 21.632 hektar. Namun, yang bisa dikelola baru sekitar 8.132 hektar. “Insya Allah tambak ikan bandeng dan udang yang akan dipanen oleh Bapak Presiden itu berada di kawasan 610 hektar,”ungkapnya

Dari hasil peninjauan itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan katanya akan melakukan perubahan tambak tradisional itu menjadi tambak semi itensif. “Nanti awal September Kementerian KP akan menurunkan tim untuk melakukan perubahan itu,”kata Sabarudin.

Pada kesempatan itu Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian KP berjanji akan memberikan bantuan berupa alat excavator kepada kelompok tambak ikan dan udang yang selama ini terkendala alat berat dalam mengembangkan usahanya. Soal berapa jumlah excavator yang akan diberikan, tergantung hasil peninjauan.

“Pak Ditjen bernjanji akan memberikan bantuan itu kepada kelompok yang telah siap,”kata Sabarudin

Usai dari Dolago, Dijen bersama rombongan meninjau kelompok budi daya rumput laut di Peningkat Kecamatan Kasimbar.

(Jeprin/Humas Pemda)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!