Nasional

Ini Jumlah Aparat Keamanan untuk Raja Salman dan Anaknya

Jumlah personel bisa saja ditambah sesuai kebutuhan di lapangan.

JAKARTA, PE – TNI dan Polri memastikan memberikan pengamanan penuh terhadap Raja Arab Saudi Salman Raja Salman Abdulaziz Al-Saud beserta delegasi selama di Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Selain itu, TNI dan Polri juga mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) ke-20.

Panglima Komando Gabungan Pengamanan (Pangkogabpam) Letnan Jenderal Edy Rahmayadi mengatakan, TNI-Polri akan mengamankan keseluruhan agenda pertemuan serta kegiatan Raja Salman dan rombongan KTT IORA.

“Pengamanan Raja Salman mulai 1 sampai 3 Maret di Jakarta, selanjutnya berada di Bali sampai 9 Maret. Itu garis besarnya,” kata dia di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/2).

Dia menjelaskan, KTT IORA berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 5-7 Maret.

Sebanyak 21 kepala kegara dan sejumlah organisasi internasional hadir dalam acara itu.

“Kekuatan pengamanan seluruhnya 18.161 personel. Sebanyak 6.161 personel itu untuk Raja Salman plus anaknya dan 12 ribu untuk KTT IORA. Ini TNI-Polri termasuk Paspampres. Mulai dari ring satu sampai tiga,” kata pria yang juga menjabat sebagai Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) ini.

Dia menjelaskan, seluruh personel bertugas mengantisipasi ancaman sepanjang berjalannya aktivitas tamu VVIP ini.

Jumlah personel bisa saja ditambah sesuai kebutuhan di lapangan.

“Ring satu melekat kepada VVIP. Ring dua mengantisipasi orang luar ke dalam. Khusus untuk ring tiga, orang luar ke dalam juga. Gak bisa masuk kecuali ada orang-orang tertentu,” terangnya.

(Mg4/jpnn/PE)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!