Daerah

Hampir Rampung, Persiapan Haji Sulteng sudah 85 Persen

Maskapai penerbangan yang akan melayani para JCH, dari Bandara Mutiara menuju Balikpapan kemungkinan akan dipastikan pada pekan ini.

Amran Muis

PALU EKSPRES, PALU – Persiapan pelaksanaan persiapan ibadah haji, serta pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Sulteng, sejauh ini telah 85 persen rampung. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Agama dan Mental Spiritual, Biro Administrasi dan Kesra Pemprov Sulteng, Amran Muis, saat ditemui medio pekan lalu.

“Diperkirakan persiapan kita sudah hampir 85 persen, berdasarkan rapat terakhir yang dipimpin oleh Asisten I Pemprov,” kata Amran. Persiapan-persiapan yang dimaksud, adalah terkait kesiapan asrama haji transit Palu, yang akan ditempati oleh para Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sulteng nantinya, sebelum berangkat menuju Embarkasi Balikpapan kemudian menuju tanah suci.

Lokasi asrama haji disebutkan Amran, sudah harus steril jelang masuknya para JCH asal Sulteng, yakni pada 2 Agustus 2017 mendatang. Selain itu, untuk antisipasi keamanan baik dari pihak Dinas Perhubungan maupun Kepolisian, juga telah dikoordinasikan.

“Tempat-tempat para jamaah sudah harus steril, nanti masuk asramanya tanggal 2 Agustus 2017, untuk kloter 5 Embarkasi Balikpapan. Keamanan juga sudah siap, baik dari
Dinas Perhubungan maupun Kepolisian,” ujarnya. Selanjutnya, untuk mobilisasi para JCH, dari asrama haji menuju Bandara Mutiara Sis Aljufri nantinya kata Amran, akan disiapkan sebanyak 15 unit bus.

“Bus yang digunakan kurang lebih 15 unit, pemberangkatan selama 5 hari, dan pada saat pemberangkatan nanti akan ada mobil tersendiri, yang membawakan talbiyah (doa), para jamaah nantinya tinggal mengikuti,” lanjutnya.

Ia juga menyebutkan, maskapai penerbangan yang akan melayani para JCH, dari Bandara Mutiara menuju Balikpapan kemungkinan akan dipastikan pada pekan ini.

“Maskapai yang akan membawa jamaah belum bisa ditentukan, mungkin sehari atau dua hari ini, kita masih menunggu pemenang tender,” tutup Amran.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!