Gunung Marapi Meletus, Material Debu Vulkanik Bertiup ke Arah Timur – Palu Ekspres
Daerah

Gunung Marapi Meletus, Material Debu Vulkanik Bertiup ke Arah Timur

Gunung Merapi/Ist

PALU EKSPRES, BATUSANGKAR – Gunung Marapi yang terletak di kawasan Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar tepatnya di Batusangkar dikabarkan meletus pada Minggu (4/6) sekitar pukul 11.00 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kawasan Sumatera Barat melaporkan bahwa letusan tersebut wajar terjadi. Pasalnya Gunung Marapi yang memiliki tinggi 2.891 m dpal itu sudah berstatus Waspada atau level 2 sejak 2011 lalu hingga sekarang.

Tidak ada dampak besar yang terjadi karena letusan Gunung Marapi siang ini. Hanya saja, dari kawasan Batusangkar maupun Bukittinggi terlihat jelas asap letusan berwarna abu-abu menjulang tinggi di puncak gunung. Bahkan material debu vulkanik juga bertiup ke arah timur.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah atau puncak.

“Letusan hari ini tidak menimbulkan pengungsian. Permukiman masyarakat di luar dari radius 3 km,” ungkap pihak PVMBG lewat siaran pers yang diterima JawaPos.com, Minggu (4/6).

Selain melarang pendaki gunung, PVMBG juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang atas kondisi tersebut. Pihak PVMBG akan menyampaikan peringatan dini lebih lanjut jika kondisi aktivitas gunung meningkat dan membahayakan.

(ded/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!