Giat Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Pelawa – Palu Ekspres
Daerah

Giat Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Pelawa

TANAM MANGROVE - Komunitas Turun Tangan Parigi - ReMoTT Parigi, Foto bersama Kapolres Parimo AKBP Sirajuddin Ramly yang di dampingi ketua ReMoTT Parigi Hamzah Tjakunu usai menanam Mangrove di Pesisir Pantai Desa Pelawa Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parimo Minggu, (15/10/2017).FOTO : ASWADIN/PE.

PALU EKSPRES, PARIGI – Komunitas Turun Tangan Parigi, Relawan Mangrove Teluk Tomini (ReMoTT), Forum Komunikasi Pencinta Alam Pantai Timur (FKPAPT), serta sejumlah lembaga lainnya menanam mangrove di Teluk Tomini, tepatnya di pesisir pantai Desa Pelawa, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Minggu (15/10).

Hartono Taharudin dari Komunitas Turun Tangan Parigi, saat dikonfirmasi media ini usai melakukan penanaman mangrove di Parigi mengatakan, penanaman mangrove ini sebagai bentuk kepedulian para pihak dengan kerelawanan dan inisiatif sendiri untuk menyatukan sikap bersama, serta melakukan upaya pemulihan ekosistem Mangrove di Teluk Tomini.

Selain itu kata Hartono, dengan upaya rehabilitasi lewat penanaman mangrove ini, setidaknya sebagai penyadartahuan kepada generasi muda, untuk memutuskan mata rantai tindakan destruktif dan eksploitasi serta menarik kesadaran kepada penentu kebijakan di daerah ini agar prolingkungan dan ekosistem pesisir.

“Jadi dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi perhatian oleh penentu kebijakan di daerah ini dalam hal ini Pemda Parimo agar menjaga dan pro lingkungan serta ekosistem pesisir pantai teluk tomini, kalau bukan kita kita siapalagi yang akan menjaga lingkungan ini,” terangnya.

Sementara itu Ketua Relawan Mangrove Teluk Tomini (ReMoTT) Parigi, Hamzah Tjakunu mengungkapkan, ReMoTT memiliki berbagai instrumen program yang berkaitan dengan mangrove, yakni rehabilitasi, Kampanye, Pendidikan, dan menejamen, serta monitoring Mangrove, bagi kita merubah cara pandang mengenai Mangrove yang susah tumbuh dan biayanya besar kemudian kita dapat menanam tiga meter itu termasuk murah dan meriah.

“Pada penanaman ini kami akan terus lakukan monitoring pertumbuhan Mangrove yang di tanam ini, serta melakukan pemeriksaan secara berkala untuk melihat sudah sejauh mana pertumbuhanya,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Kapolres Parimo AKBP Sirajuddin Ramly beserta jajaranya juga turun langsung di lokasi penanaman Mangrove di Desa Pelawa tersebut, serta sejumlah OPD di jajaran Pemda Parimo juga hadir pada kegiatan itu, yang di Mulai pada pukul 08.00 wita hingga selesai.

(mg4/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!