Belum ada Kepastian dari Polisi, Isis Klaim Bom Kampung Melayu – Palu Ekspres
Nasional

Belum ada Kepastian dari Polisi, Isis Klaim Bom Kampung Melayu

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kelompok radikal Negara Islam Iraq dan Syiria (ISIS) mengklaim  sebagai pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur Rabu (24/5) malam, meskipun pihak kepolisian belum secara resmi mengaitkannya.

Hal ini diketahui setelah kantor berita Amaq milik ISIS, mengeluarkan pernyataan pertanggungjawaban itu. Para pelaku bom bunuh diri adalah pasukan dari ISIS.

“The executor of the attack on the Indonesian police gathering in Jakarta was an Islamic State fighter,” the group’s news agency Amaq said, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (26/5).

Serangan itu juga disebutkan lebih mematikan ketimbang serangan perdana ISIS pada Januari 2016 lalu di kawasan Thamrin. Ketika itu serangan menewaskan delapan orang dan empat di antaranya adalah pelaku.

Sebelumnya dua terduga pelaku teror atas nama Ichwan Nurul Salam dan Ahmad Sukri sudah berada di RS Polri, Kramat Jati untuk dilakukan pemeriksaan DNA. Hal ini dilakukan agar ketika diumumkan ke publik, aparat kepolisian tidak melakukan kesalahan.

Lima orang dinyatakan tewas akibat bom tersebut, tiga orang dari aparat kepolisian dan dua dari terduga pelaku yang melakukan bom bunuh diri. Sementara luka-luka berjumlah sepuluh orang, lima orang polisi dan sisanya adalah warga sipil.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto ‎ mengatakan, bom itu berjenis bom panci yang diketahui isi di dalamnya ada paku dan gotri. Temuan di lapangan panci itu dibeli pelaku di mini market kawasan Padalarang, Jawa Barat. Hal ini diketahui karena ada struk pembelian panci di salah satu saku pelaku.

(elf/JPG)
 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!