Apakah Harga Cabai Tak Bakal Naik Lagi saat Puasa? Ini Penjelasan Mentan – Palu Ekspres
Ekonomi

Apakah Harga Cabai Tak Bakal Naik Lagi saat Puasa? Ini Penjelasan Mentan

BIBIT CABE - Kepala BPTP Sulteng Andi Baso Lompengeng Ishak menyalurkan bibit cabe di halaman kantor Walikota Palu, Senin 13 Maret 2017. Foto HAMDI ANWAR/PE

PALU EKSPRES, JAKARTA – Harga cabai yang belum lama ini sempat melambung dan memicu inflasi bagi hampir semua daerah di Tanah Air, diperkirakan bakal bakal bisa ditekan saat bulan puasa nanti.

Menteri Pertanian Amran Sulaeman mencoba meyakinkan masyarakat, kalau pada saat puasa hingga lebaran bulan Mei nanti, pasokan cabai tersedia dan harganya terjangkau.

“Melambungnya harga cabai disebabkan faktor alam, intensitas hujan yang tinggi sehingga petani tidak di anjurkan untuk memanen di musim hujan karena akan berdampak langsung terhadap kualitas,” katanya melalui keterangan tertulis Sabtu (1/4).

Menurut Amran, harga cabai rawit merah mencapai puncak harga pada pertengahan Februari 2017 hingga mencapai harga Rp 150 ribu per kilogram (kg). Dan kini, harga normal dari cabai rawit merah telah berada di tingkat normal yakni pada harga kisaran Rp 50 ribu per kg.

Kondisi ini terjadi sejumlah pasar tradisional di  di wilayah Jawa Tengah seperti Semarang dan Sukoharjo. Harga cabai turunmenjadi Rp 50 ribu per kg dari sebelumnya yakni Rp 70. Di Jawa Timur, Malang, Magetan, Tuban dan Lamongan harga ada kisaran Rp 45 ribu per kgnya sampai Rp 50 ribu per kg.

Salah satu cara mengantisipasi kenaikan harga karena pasokan yang langka, Kementerian Pertanian juga bakal melancarkan program pembagian gratis 10 juta bibit cabai kepada masyarakat.

BACA: Nih, BPTP Sulteng Salurkan 150 Ribu Bibit Cabai

Pembagian ini akan langsung diberikan kepada masyarakat atau lewat organisasi kewanitaan serta Kelompok Wanita Tani (KWT).

Tujuan dari program tersebut adalah untuk mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk membudidayakan cabai atau menggunakan polybag guna memenuhi kebutuhan sehari–hari.

(MS/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!