Daerah

Aksi 12 Ribu Siswa SD Se-Kota Bandung Raih Rekor Muri

Minat membaca di Kota Bandung mengalami peningkatan yang signifikan.

MEMBACA SERENTAK: Siswa SD membaca buku secara serentak saat mengikuti Gebyar Literasi Sekolah Dasar di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (4/5). (AMRI RACHMAN DZULFIKRI/JABAR EKSPRES/JPG )

PALU EKSPRES, BANDUNG – Sebanyak 12 ribu pelajar se-Kota Bandung sukses memecahkan rekor Muri Kamis (4/5) kemarin. Mereka yang berasal dari 274 sekolah dasar, mengikuti kegiatan Bandung Juara Membaca (Baraca) di Lapangan Persib (Sidolig) Jalan Ahmad Yani.

Kepala Dinas Pendidikan kota Bandung Elih Sudia Permana menjelaskan, kegitan ini tindak lanjut dari deklarasi literasi sekolah tahun lalu.

Elih menuturkan, sebelum kegiatan Baraca, Dinas Pendidikan Kota Bandung telah mengeluarkan kebijakan agar siswa untuk membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

”Kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial saja. Namun merupakan batu loncatan untuk kita mengkapanyekan gerakan membaca khususnya di kalangan pelajar,” kata Elih dilansir Radar Bandung Online.

Dengan kata lain, menurut Elih, minat membaca di Kota Bandung mengalami peningkatan yang signifikan. Ini dibuktikan dengan kebijakan membaca yang masih konsisten di setiap sekolah dan dengan acara Baraca.

”Acara ini sebagai ajang apresiasi dan pengalaman untuk para pelajar Kota Bandung. Diharapkan dengan gerakan literasi bisa sadar bahwa mereka adalah kaum intelektual masa depan yang akan membangun bangsa Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini mendapatkan Rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) dan Record Holders Republic (RHR). Menurut Kepala RHR Lia Mutisari, acara ini layak mendapatkan rekor karena banyaknya peserta yang berpartisipasi. Terlebih kegiatan ini sangat bagus karena menumbuhkan minat membaca.

Menurut salah satu peserta Baraca yang sekaligus Duta Baca Ganeshia Aiko Garnasuara dari SD BPI, acara ini sangat bagus dan membut asik para pelajar. Terlebih dirinya sebagai duta baca dapat menambah teman baru dengan para pelajar Kota Bandung.

”Acara ini diharapkan menjadi sebuah kebudayaan yang baik untuk pelajar Kota Bandung,bahwa membaca merupakan aktivitas positif untuk kita mampu menambah ilmu dan bisa melihat dunia yang sangat luas,” pungkasnya.

(mg2/fik/rb/mam/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!