Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Dewan: Perlu Ada Perda Arsip Daerah

151

 

PALU,PE-Sampai saat ini masih banyak situs-situs sejarah Kota Palu yang dianggap kabur statusnya dan masih dipertanyakan para sejarahwan.

Termasuk tokoh-tokoh yang dianggap sebagai pahlawan di Kota Palu yang  identitasnya pun masih kabur. Padahal mereka telah memberikan banyak sumbangsih dalam perjuangan dan pembangunan di Kota Palu.

Karenanya, dewan Kota melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) berinisiatif dan mendorong agar perlu melahirkan Raperda tentang itu. Raperda yang dimaksud yakni Raperda Arsip Daerah.
Usulan ini datang langsung dari Ketua Baperda Dewan Kota, Tamsil setelah mendengar usulan yang muncul dari sesama rekan anggota dewan, Muhamad J Wartabone.

Menurut Tamsil, regulasi tentang itu penting adanya. Itu untuk mengakomodir keberadaan situs-situs sejarah di Kota Palu termasuk para pahlawan yang dianggap berjasa besar dalam pembangunan di Kota Palu.
Ini pun akan menjadi referensi bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Palu untuk mengetahui siapa saja tokoh pahlawan dan tokoh sejarah di Kota Palu.
“Makanya dalam Sidang Caturwulan III nanti rencananya kita berinisiatif membuat Perda Tentang Arsip Daerah,” ungkap Tamsil.

Namun ia tidak merinci apa saja yang bakal dibahas dalam Raperda Tentang Arsip Daerah tersebut dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) apa saja yang bakal terlibat di dalamnya.(mg9)

Komentar ditutup