Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Presiden Jokowi Apresiasi Sail Tomini 2015

134

PUNCAK ACARA. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, bersama Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola dan ibu Hj Zalzulmidah Aladin serta Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu bersama rombongan pejabat RI dan tamu undangan bersama-sama menuju tempat acara puncak Sail Tomini 2015 yang dihelat di Kayu Bura, Parigi Utara, Sabtu 19 September 2015. Ahmad Udyn/PE

PARIMO, PE–Puncak acara Sail Tomini 2015 yang digelar di Pantai Kayu Bura, Parigi Utara Sabtu, 19 Desember 2015 terbilang sukses. Meskipun Presiden RI Joko Widodo menilai perlu persiapan yang agak lama agar bisa mengemas kegiatan dengan apik. Namun kerja tujuh bulan mulai dari persiapan lokasi hingga puncak acara tersebut diapresiasi positif.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan seharusnya promosi kegiatan Sail Tomini ini dilakukan jauh hari, minimal dua tahun. Tujuannya kata dia, agar perhelatan nasional tersebut dapat diketahui dunia internasional. “Promosinya tidak saja dilakukan melalui media lokal dan nasional akan tetapi di media internasional,” ujar Jokowi. Bahkan kata dia, panitia bisa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif.

Presiden juga mengapresiasi pelaksanaan sendratari kolosal yang ditampilkan oleh ribuan pelajar se Kabupaten Parimo. Jokowi bahkan mengundang salah seorang penari wanita bernama Linawati dan desainer Yuku Moko untuk berdiri disampingnya untuk menanyakan proses latihan yang ternyata hanya dilakukan selama 3 bulan.

“Seharusnya latihan dilakukan setahun atau dua tahun sebelumnya. Lihat keranjang penari ini yang dibuat warga. Bagus sekali. Tapi, ada banyak yang tidak detil, sehingga masih kurang sempurna,” kata Presiden. Jokowi yakin penampilan sendratari itu akan menjadi tontonan yang menarik bila mendapat sentuhan koreografer dan kurator baik dari daerah maupun berskala nasional. Jokowi berharap pelaksanaan Sail Tomini berikutnya dipersiapkan dengan baik.

Selain tarian masal, yang bertema Toumene-Tomini yang artinya menanam, kegiatan nasional itu diramaikan pula dengan atraksi jet tempur Sukhoi yang mendapat sambutan meriah dari para undangan dan masyarakat yang menyaksikan. Atraksi sailing pass kapal perang TNI AL dan 6 Kapal Perang dari beberapa negara Asean, juga turutmemeriahkan Puncak Peringatan Sail Tomini 2015.

Seusai acara puncak, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Megawati Soekarnoputri, Duta Besar dan didampingi Gubernur Sulteng Longki Djanggola bersama isteri, Zalzulmidah
Aladin akan makan siang di
Rumah Makan Selfi, Desa Lebo. Selanjutnya Joko Widodo akan melanjutkan panen udang di Desa Kampal dan penyerahan bantuan sembako di Desa Masigi, Parigi.

Kegiatan Sail Tomini 2015 yang dilaksanakan di Parigi Moutong mendapat apresiasi dari masyarakat Sulteng umumnya. Setidaknya dapat terlihat sejak Sabtu malam, jalan poros Palu – Parigi Moutong macet hingga 10 jam lebih karena masyarakat berbondong-bondong menyaksikan dari dekat jalannya puncak kegiatan Sail Tomini yang dihadiri tiga Menteri Koordinator dan 12 menteri Kabinet Indonesia dan kedutaan besar di Indonesia. (aaa)

Komentar ditutup