Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

AS Siap Kerja Sama Kembangkan KEK Palu

177

 

PALU,PE – Pemerintah Amerika Serikat menyatakan siap bekerja sama untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu. Hal ini terungkap dalam kunjungan singkat Konsulat Jenderal Amerika Serikat Heather Variava bersama Kapala Bagian Politik dan Ekonomi Kantor Konsulat Jenderal AS, Brandon C Posjin, Kamis 17 September 2015 di ruang Walikota Palu.

Kedatangan Konsulat Jenderal AS ini diterima langsung Walikota Palu, Mulhanan Tombolotutu bersama Kepala Badan Administrator KEK Palu, Sudaryano Lamangkona serta Kabag Humas dan Protokol Akram.

Kepala Badan KEK Palu, Sudaryano Lamangkona mengatakan, pertemuan singkat itu membahas banyak hal terkait perkembangan Kota Palu. Salahsatu pembahasan yang mengemuka dalam kunjungan itu adalah kesiapan Pemkot Palu mendukung jalannya KEK Palu serta kesiapan Konsulat AS untuk memfasilitasi kerjasama stake holder bidang ekonomi Negara AS dalam mengembangkan KEK Palu.

“Kita mendapat kepastian bahwa akan ada kerjasama untuk pembangunan pelabuhan KEK Palu serta sejumlah infrastruktur lainnya,”kata pria yang akrab disapa Ano.

Rencana kerjasama itu kata Ano, nantinya akan ditindaklanjuti dalam bentuk pendandatangan Momerandum of Understanding (MoU) bersama stake holder AS yang akan berinvestasi dalam KEK Palu.
Kabag Humas Pemkot Palu Akram menambahkan, kunjungan Konsulat itu juga sebagai bentuk silaturahim antara Pejabat Konsulat AS dan Walikota Palu.

“Inikan pejabat Konsulat AS yang baru. Jadi mereka sekalian bersilaturahim bertemu walikota. Karena pejabat konsulat yang sebelumnya memang punya hubungan baik dengan walikota,”ujarnya.  Dalam kunjungan singkat itu, Walikota Palu Mulhanan Tombolututu berkesempatan memberikan sejumlah cendera mata kepada Pejabat Konsulat AS.  “Wah, banyak sekali ini yang diberikan pak wali,”kata  Heather Variava.(mdi)

Komentar ditutup