Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jadi Pusat KEK, Tawaeli Minta Diperhatikan

60

 

KEPALA Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasi Ekbang) Kecamatan Tawaeli, Nuraida, SE meminta pemerintah memberikan perhatian yang lebih untuk masyarakat Tawaeli.
Sangat miris kata Nuraida bila menyandingkan kondisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tawaeli dengan status yang disandang Tawaeli sebagai salah satu pusat kegiatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Industri Kota Palu.  Harusnya kata dia pemerintah tak hanya semata memikirkan bagaimana mensukseskan keberadaan KEK namun yang tak kalah penting pemerintah harus memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat Tawaeli.

“Dengan adanya Kawasan Industri dan KEK, tentunya harus juga dibarengi dengan perhatian terhadap keadaan penduduknya. Mengingat kemajuan suatu daerah juga diukur dengan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Buat apa dikenal sebagai Kawasan Industri yang maju sementara penduduknya masih banyak yang menganggur dan hidup di bawah garis kemiskinan,” ujarnya.

Bukan hanya pusat KEK dan Industri, Kecamatan Tawaeli juga memiliki peranan penting sebagai salah satu pintu masuk menuju Sulawesi Tengah melalui Pelabuhan Pantoloan yang terletak di Kelurahan Pantoloan.
Namun ini juga menjadi ancaman bagi generasi muda bila pemerintah tidak mengantisipasi ancaman-ancaman masuknya pengaruh negatif melalui pelabuhan Pantoloan. Seperti ancaman peredaran narkoba dan kejahatan-kejahatan lainnya yang menggunakan transportasi laut.

“Apalagi di Tawaeli masih banyak pengangguran. Yang ditakutkan kondisi ini akan menjadi ancaman bila ada warga yang kemudian ikut terlibat di dalamnya karena tergiur iming-iming uang yang banyak. Misalnya dalam hal penyelundupan barang haram seperti narkoba,” ujarnya.

Untungnya saat ini kata Nuraida, kondisi masyarakat sedikit terbantukan dengan adanya Program Padat Karya. Program ini sedikit membawa perubahan bagi perekonomian masyarakat sekitar. “Karena memang di sini masih banyak warganya yang menganggur,” ujarnya.

Nuraida berharap pemerintah tak hanya mengandalkan program zero poverty untuk mengatasi kemiskinan di Tawaeli namun juga bisa menerapkan program-program lain untuk pemberdayaan dan peningkatan perekonomian warga Tawaeli. (mg12)

Komentar ditutup