Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Mudah-mudahan UNBK Buat Sistem Pendidikan Bermutu di Madrasah

15

PALU EKSPRES, PALU – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah Latopada mengharapkan, agar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dapat mendorong berjalannya sistem pendidikan bermutu di madrasah.

Hal ini disampaikannya, usai melakukan peninjauan pelaksanaan hari pertama UNBK, tingkat SMA dan Madrasah Aliyah (MA), di MAN 1 dan MAN 2 Kota Palu, Senin (10/4).

“Saya harap, pelaksanaan UNBK ini, dapat menjadi pendorong, agar sistem pendidikan bermutu, dapat terus berjalan di madrasah. Sehingga, output atau lulusan madrasah, yang dihasilkan nantinya, dapat benar-benar berkualitas,” kata Abdullah.

Abdullah juga mengimbau, kepada para guru di madrasah, untuk dapat selalu menjaga semangat, serta memberikan motivasi kepada para siswanya, agar mereka dapat menjalankan ujian, dengan perasaan yang tenang.

“Di hari-hari ini, beri mereka muatan-muatan positif dan motivasi, ajak mereka bercengkrama, saling bertukar pikiran, berdiskusi dan sebagainya. Sehingga, mereka tetap terus bersemangat, selama mengikuti ujian,” ujar Abdullah.

Secara umum, Abdullah menilai, pelaksanaan UNBK di madrasah-madrasah di Kota Palu, berjalan dengan tenang, aman dan terkendali. Hal ini, kata Abdullah, patut disyukuri, karena dapat menjadi penunjang positif bagi para siswa, dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Saya melihat para siswa tampak siap. Ketika saya pantau, mereka murah senyum, ini berarti mereka tidak memiliki beban berat, dan optimis dengan hasil yang dicapai nantinya,” pungkas Abdullah.

(abr/Palu Ekspres)

Komentar ditutup