Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Donggala Bangun Terminal Penumpang Kapal Laut

14

 

Habiskan Anggaran Rp1,3 M, Pemindahan Pelabuhan Disetujui Menteri
DONGGALA, PE – Kerja keras Bupati Donggala Drs Kasman Lassa, SH dalam mengembalikan pelabuhan Donggala sebagai pelabuhan penumpang membuahkan hasil. Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan telah menyetujui pemindahan pelabuhan penumpang dari Pantoloan ke Donggala.
Seiring dengan itu, Bupati pilihan rakyat Donggala ini telah menyiapkan anggaran untuk membiayai pembangunan terminal penumpang kapal laut di Donggala. Saat ini, pembangunan terminal tersebut telah dimulakan.

Pantauan Palu Ekspres di Donggala Selasa, 15 September 2015  kegiatan pembangunan terminal penumpang kapal laut dilakukan oleh CV Pilar Nusantara. Pembangunan terminal ini menghabiskan anggaran sebesar Rp1,3 miliar lebih.

Bupati Kasman Lassa dalam beberapa kesempatan kepada Palu Ekspres menegaskan tahun 2015 ini kapal Pelni kembali berlabuh di pelabuhan Donggala. Secara bertahap urai Kasman, kita akan mengembalikan kejayaan Kota Donggala. “Sebelumnya, orang tidak mengenal pelabuhan Pantoloan. Orang luar juga tidak mengenal pelabuhan Tolitoli. Mereka hanya mengenal pelabuhan Donggala. Kejayaan itu akan kita kembalikan secara bertahap,” tegas Kasman Lassa.

Kasman menjelaskan bila kapal penumpang kembali bersandar di pelabuhan Donggala maka dengan sendirinya lapangan kerja akan terbuka, usaha rumah makan akan tumbuh. Dan secara otomatis jumlah pengangguran akan berkurang. “Dengan bersandarnya kapal Pelni di pelabuhan Donggala berarti pemerintah daerah telah menciptakan lapangan kerja,” tegas Kasman.

Kasman juga menyinggung  penataan ibukota Kabupaten Donggala. “Kota Donggala akan ditata secara bertahap dan kita mulai tahun 2015 ini. Tahun depan, kita telah menyiapkan anggaran sebesar Rp26 miliar untuk membiayai penataan ibukota,” jelas mantan kepala Biro Hukum dan Perundang-Undangan Setdaprov Sulteng ini.(fal)

Komentar ditutup