Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

SMANOR Harus Dikenal dengan Prestasi-prestasinya

323

PALU, PE – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendi, menekankan, keberadaan SMA Negeri Olahraga (SMANOR) Tadulako, harus dapat diperhitungkan, oleh Pemerintah Provinsi Sulteng, agar nantinya sekolah berbasis olehraga tersebut, mampu mencetak atlet-atlet berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Saya harap, Pemerintah dapat memerhitungkan keberadaan SMANOR ini, sehingga nantinya, ketika orang-orang mendengarkan kata SMANOR, maka itu identik dengan prestasi-prestasi yang telah diraih nantinya,” ujar Mendikbud, saat meresmikan Gedung Olahraga Serba Guna SMANOR, akhir pekan lalu.

Olehnya, Mendikbud mendorong Pemprov, untuk dapat menunjang hal-hal, yang berkaitan dengan tujuan peningkatan prestasi tersebut.

“Saya sakin, Pemprov bersedia untuk menunjang, segala kemungkinan untuk meraih prestasi tersebut,” imbuhnya.

SMANOR Tadulako, dibangun di atas lahan seluas 2 hektare, milik Pemprov Sulteng. Pembangunan SMANOR merupakan salah satu program, Direktorat PK LK Dikmen Kemendikbud RI, tahun 2012, tentang pembangunan Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO).

“Dari seluruh Provinsi, hanya ada 4 yang mendapatkan bantuan pembangunan SKO, salah satunya adalah Sulteng,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Irwan Lahace.

Pembangunan Gedung Olahraga Serba Guna SMANOR sendiri, menelan anggaran sebesar Rp9.181.700.000 (sembilan milyar seratus delapan puluh satu juta tujuh ratus ribu), dan telah rampung pembangunannya sejak akhir 2016 lalu.

Dalam gedung megah tersebut, terdapat berbagai arena yang memadai, untuk beberapa cabang olahraga, yang menjadi binaan di SMANOR Tadulako, yakni cabang bela diri, seperti Karate, Silat Taekwondo dan Tinju, serta cabang lainnya, yaitu Bulutangkis dan Sepak Takraw. Serta, tersedia juga ruang pelatih, ruang medis, ruang massage atau fisioterapi, ruang fitnes, musik dan ruang rapat.

(mg01/Palu Ekspres)

Komentar ditutup

%d blogger menyukai ini: