Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Rotasi Alat Kelengkapan Dewan, Iqbal Tak Tergoyahkan

213

PALU, PE – DPRD Kota Palu merotasi alat kelengkapan dewan (AKD) hari ini Kamis (30/3). Sejumlah pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewam lainnya dipastikan akan bergerak. Keputusannya akan disampaikan pada  paripurna hari ini.

Namun rotasi hari ini dipastikan tidak akan menyentuh pimpinan dewan. Dengan demikian posisi Ketua DPRD Kota Palu Iqbal Andi Magga akan tetap kokoh.

Padahal, rumor pergantian terhadap politisi yang sedang berpolemik dengan Wakil Walikota Sigit Purnomo Said itu, sejak lama sudah berhembus kencang. Sumber-sumber baik diinternal DPRD Kota Palu maupun Golkar Kota, menyebut pergantian segera dilakukan.

Namun sejauh ini posisi Eki sapaan akrabnya tetap tidak goyah. Tak hanya posisi ketua, posisi wakil ketua juga masih tetap aman.

Sedianya paripurna rotasi AKD digelar Rabu kemarin, namun  tertunda karena sejumlah hal. Beredar informasi, penyebabnya lantaran sebagian fraksi belum menuntaskan kesepakatan formasi distribusi anggota ke AKD.

Termasuk kehadiran anggota untuk kuorumnya paripurna. Wakil Ketua DPRD Palu, Erfandi Suyuti memastikan jadwal paripurna penentuan komposisi AKD itu tidak lagi bergeser.

“Besok (Kamis hari ini) akan diputuskan penempatan anggota dalam formasi AKD yang baru,”kata Erfandi kepada wartawan.

Namun menurutnya, kemungkinan besar paripurna hanya akan menetapkan sebagian AKD. Seperti misalnya badan pembentukan Perda dan badan kehormatan.Sedangkan komposisi untuk komisi, informasinya sebut Erfandi masih akan menunggu kepastian dari masing-masing fraksi.

Sebelumnya, Ketua DPRD Palu, Iqbal Andi Maga, kepada wartawan menyebutkan  proses pemilihan pimpinan AKD dilaksanakan secara musyawarah dan tertutup.

“Iya, kita akan lakukan pemilihan pimpinan AKD di internal yang ada di jajaran DPRD Kota Palu, dan proses pemilihan di lakukan secara tertutup,”kata Iqbal kepada wartawan, Selasa 28 Maret.

Pimpinan dewan menurutnya memberi kesempatan kepada setiap fraksi-fraksi melakukan komunikasi politik.
Komunikasi politik internal fraksi ujarnya untuk menghindari terjadinya kegaduhan pada saat proses pemilihan nanti.

Sebab, tahapan itu harus dilakukan secara mufakat, kemudian memperhatikan asas keseimbangan, asas keadilan serta memperhitungkan jumlah fraksi dan lain sebagainnya.

“Banyak pertimbangan dilakukan dalam rangka menyusun AKD. Namun intinya harus ada mufakat dulu diinternal fraksi,”jelasnya.

Sedianya lanjut Iqbal, jadwal kompromi politik lintas  fraksi tuntas pada Sabtu atau Minggu pekan lalu. Meski begitu Iqbal mengaku kelambatan itu tidak akan mengurangi substansi pemilihan.

Untuk diketahui, saat ini ketua komisi I dijabat Syamsu Alam. Komisi III, Tompa Yojokodi dan Komisi III dijabat Ishak Cae.

(mdi/Palu Ekspres)

Komentar ditutup