Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

50 Desainer Ikut Sayembara Gerbang Kota

155

PALU, PE – Sayembara desain gerbang Kota Palu tahun 2017 diikuti sedikitnya 50 peserta. Desain gambar gerbang saat ini masuk tahap penilaian tim juri.

Desain gerbang kota ini disayembarakan sejak 13 sampai dengan 20 Februari 2017. Dari catatan tim juri, sebanyak 168 peserta mengambil formulir pendaftaran. Namun hanya 50 diantaranya yang memasukkan desain gambar. Total desain yang diajukan peserta sebanyak 68.

Dalam sayembara, terdapat tiga kriteria desain gembar. Pertama untuk gerbang perbatasan kota, gerbang kantor OPD dan perumahan serta gerbang sekolah. Peserta dibebaskan mengajukan lebih dari satu desain. Total karya yang akan dinilai sebanyak 68 desain.

Rencananya tahap penilaian akan berlangsung dalam pekan ini. Selanjutnya pemenang sayembara akan diumumkan pada 31 Maret 2017 mendatang. Pemenang sayembara untuk kriteria desain gerbang kota akan diberikan bonus uang tunai sebesar Rp25juta.

Kriteria gerbang perumahan dan kantor OPD masing-masing akan diberi bonus Rp10juta.Pemenang juga akan diberikan selembar sertifikat.

Salah satu tim juri, Gufran Ahmad yang juga Ketua Indindo Sulteng menyebut,desain gambar yang masuk akan dinilai tim juri gabungan beberapa elemen. Mulai dari unsur Pemkot Palu, budayawan, dewan kesenian kota dan ikatan arsitektur Indonesia (IAI) termasuk Inkindo Sulteng.

“Keterlibatan Inkindo dalam sayembara ini untuk berkontribusi dalam proses pembangunan,”sebut Gufran.

Penilain menurutnya dilandasi dari konsep desain gambar. Peserta diwajibkan memasukkan unsur kearifan lokal suku kailia dalam setiap desainya.

“Ornamen desain kita utamakan ada cerminan filosopi budaya kaili,”jelas Gufran.

Pihaknya menjamin Penilain akan dilakukan secara objektif. Syarat-syarat yang menjadi landasan penilaian menurutnya sudah disepakati secara internal oleh tim penilai.

(mdi/Palu Ekspres)

Komentar ditutup