Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Rolling Alat Kelengkapan Dewan Kota Akhirnya Dilakukan

152

PALU, PE – Pertanyaan sejumlah fraksi terkait kapan rencana roling Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Kota Palu akhirnya terjawab. Selasa, 14 Maret 2017, pimpinan dewan melalui salah satu wakilnya, Basmin H Karim menggelar rapat terkait rencana rolling tersebut.

Rapat Badan Musyawarah (Banmus) itu membahas jadwal rolling. Dari hasil pembahasan akhirnya dicapai kesepakatan, pembahasan rolling mulai dilakukan sejak hari ini, Rabu 15 Maret 2017 hingga 24 Maret mendatang.

“Karena sekarang kita sudah tepat memasuki dua setengah tahun masa jabatan, sesuai Tatib kita akan mulai membahas soal rolling Alat Kelengkapan Dewan (AKD),” ujar Wakil Ketua Dewan, Basmin H Karim.

Penetapan jadwal pembahasan rolling itu agar tidak bertabrakan dengan jadwal agenda sidang lainnya dewan yang saat ini masih juga berlangsung di dewan.

Salah satunya, pembahasan Pansus LKPj Walikota Tahun 2016 yang dijadwalkan tuntas hingga akhir Maret mendatang.

Mengenai penetapan jadwal rolling ini disambut antusias utusan fraksi-fraksi yang ikut dalam rapat itu.

Ketua Fraksi PAN, Mulyadi mengatakan dengan dibukanya jadwal rolling AKD, PAN akan menyiapkan komposisi untuk itu.

“Kita lihat nanti, seperti apa komposisinya. Pastinya kita siap,” ujar Mulyadi.

Sementara fraksi Gerindra melalui salah satu anggotanya, Basmin menandaskan, fraksi Gerindra pun menyambut baik rolling itu.

“Makanya perlu pembahasan internal fraksi. Mudah-mudahan sebelum tanggal 24 (Maret,red) sudah ada hasil,” ujarnya.

Rolling kali ini diyakini akan berlangsung cukup ketat. Karena hampir semua fraksi jauh-jauh hari sudah menyiapkan strategi untuk merebut kursi-kursi pimpinan di seluruh AKD yang ada.

PAN misalnya melalui Ketua PAN Kota, Irfan Nouk memastikan, PAN menargetkan kursi ketua Komisi C. Sementara PKS menargetkan kursi ketua Komisi A yang selama ini terus dipolemikkan semenjak ditinggalkan oleh utusan fraksi PKS almarhum Ali Lamu.

Kecuali Golkar yang tidak terdengar soal perebutan kursi di AKD. Yang getol di Golkar justru soal rolling jabatan ketua dewan yang saat ini diduduki oleh Iqbal Andi Magga.  Sesuai kesepakatan, hasil rolling akan diumumkan dalam paripurna pada 27 Maret mendatang.

(mrs/Pale Ekspres)

Komentar ditutup