Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jangan Biarkan Sosmed Mengalihkan Duniamu

256

 

SOCIAL Media atau biasa kita kenal dengan singkatan socmed, seolah sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup yang tak bisa lepas dari seluruh aktivitas kita.

Bahkan bisa disebut ibarat makanan sehari-hari buat kita.
Sama seperti perasaan ketika menahan lapar, begitupun ketika sehari bila kita tak mengutak-atik sosmed tercinta kita.

Rasanya ‘gelisah, galau dan merana (gegana)’. Heheheeee, seperti lirik lagunya Cita-Citata.
Bahkan, terkadang sosmed menjadi ‘dunia kedua’ buat mereka yang hobi berat berstatus ria di dunia maya.
Tak jarang, ada teman-teman kita yang rela begadang hanya demi berselancar di dunia maya. Baik hanya sekadar postingan status, foto atau mungkin bercuap ria dengan teman sosmed yang lain.

Heem, pada dasarnya kehadiran Socmed itu baik dan bagus kok bila dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Seperti misalnya mencari referensi tugas sekolah atau hal-hal positif lainnya.
Namun, akan menjadi bumerang bila kita terlena dengan dunia socmed dan tak bisa lagi berinteraksi dengan dunia ‘nyata’ (baca sesama,red). Bukan hanya lupa makan, namun bisa jadi lupa belajar dan lupa segalanya. Jangan-jangan juga sudah lupa identitasnya sendiri, karena sering berselencar di socmed.

Kalau sudah begitu, wah, itu ribet banget sob! Karena seolah sudah sulit untuk keluar dari dunia tersebut alias ketergantungan. Yang, namanya ketergantungan pasti identik dengan ‘melekat’ dan sulit ‘terlepas’.

Nah, ini dia bahaya yang dikhawatirkan dari keberadaan Socmed!
Mungkin manfaat positifnya kita semakin mengenal dunia di luar diri kita meski itu tak secara langsung. Kita pun semakin mudah mengakses beragam informasi terkini bahkan lebih cepat dan lebih update.

Terus, kita pun bakal memiliki banyak teman bahkan hingga keluar negeri.
Namun, negatifnya, kalau sudah kecanduan, itu bisa membuat kita bak orang yang mabuk kepayang. Nggak bisa ngapa-ngapain tanpa berselancar di Socmed. Kalau sudah gitu, bisa mengganggu aktivitas kita. Baik itu di rumah maupun di sekolah. Bisa-bisa nggak lagi memikirkan jam belajar hanya karena socmed tersebut.

Nah, terus apa yang harus kita lakukan agar kita tak terlena dengan kehadiran Socmed?
Nah, ini dia tips dari beberapa sobat remaja kita. Ayo, kita tengok semoga bermanfaat!(muhammadarsyandi)

Komentar ditutup