Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Duh, Pegawai Kontrak RSUD Poso Sudah Tiga Bulan Belum Gajian

17

POSO, PE – Sudah tiga bulan,  300 lebih pegawai kontrak di Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD)  Kabupaten Poso belum merima upah hasil kerjanya.

Sejumlah pegawai kontrak RSUD Poso mempertanyakan alasan ketidakjelasan gaji.
“Sampai saat ini sejak Januari kami belum menerima gaji,” ujar sejumlah pegawai kontrak RSUD Poso,  Senin (6/3).

Menurut pegawai kontrak yang tak mau namanya dikorankan, mengatakan sejak 2016 silam kejelasan mengenai hak-hak mereka itu mulai terasa. Itu terkait mekanisme pembayaran yang mulai tidak jelas dari pembayaran bulanan ke pembayaran triwulan.

Sekretaris RSUD Poso,  Resa, membantah kabar itu. Dia berkilah pihak rumah sakit hanya menunda pembayaran. Alasannya, belum turunnya ya Surat Keputusan (SK) perpanjangan kontrak per tahun yang dikeluarkan oleh Peraturan Bupati (perbup).

Dia menambahkan, tahun sebelumnya proses pencairan gaji kontrak RSUD tidak menggunakan Perbup. Namun langsung menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU). Namun metode pembayaran tetap sama seperti tahun 2017 ini. Menggunakan sistem pembayaran triwulan.

“Kalau sudah keluar SK perpanjangan kontrak per tahun oleh Perbub, kami akan bayarkan gaji secara rapel. Kalau tahun lalu hanya menggunakan DAU pak, sekarang ini berdasarkan Perbub,”tutur Resa.

Dia menjelaskan gaji pegawai kontrak RSUD Poso tergantung tingkat pendidikan. Dengan standar gaji terendah Rp300 per bulan.

(fer/Pau Ekspres)

Komentar ditutup