Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

DKP Mutakhirkan Data KUB Inka Mina

428

PALU, PE – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Sulteng, melakukan pemutakhiran data-data, yang terkait dengan Kelompok Usaha Bersama (KUB), penerima kapal bantuan Inka Mina, sejak tahun 2011 hingga 2015.

Pemutakhiran data ini, menurut Kasi Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan, Bidang Perikanan Tangkap DKP Sulteng, Iffat, bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjaring, informasi-informasi terkait permasalahan yang dihadapi, oleh setiap KUB Inka Mina di Sulteng.

“Pada pelaksanaan Forum KUB beberapa waktu lalu, kami menyebar kuesioner, yang diisi oleh tiap-tiap KUB, untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi, oleh tiap KUB sejauh ini,” ujar Iffat, saat ditemui, akhir pekan lalu.

Berbagai permasalahan yang diidentifikasi tersebut, di antaranya terkait dengan mekanisme pengelolaan, ataupun kendala-kendala lainnya terkait dengan manajemen kelembagaan KUB.

“Terkait mekanisme pengelolaan, misalnya apakah dikelola langsung oleh kelompok, atau melalui sistem juragan, melalui sistem mitra atau pemodal, dan lain-lain,” imbuh Iffat.

Ia mengungkapkan, masalah paling mendasar, yang dapat terindentifikasi sedang dialami oleh beberapa KUB, ialah tentang manajemen kelembagaan, di antaranya terkait dengan administrasi dan kaporan keuangan.

“Seperti belum tertibnya administrasi dan laporan keuangan, serta fungsi-fungsi dalam kelembagaan. Selain itu, juga masih belum seringnya beberapa KUB, melakukan diskusi untuk membahas tentang target pencapaian, seperti yang diarahkan oleh Pak Kepala Dinas,” jelas Iffat lagi.

Pengidentifikasian masalah di KUB tersebut, sebagai bagian dari proses pembinaan, yang dilakukan oleh DKP Sulteng, kepada seluruh KUB. Dengan teridentifikasinya masalah, maka akan lebih mudah untuk mencarikan solusi yang terkait.

“Kami juga sudah mengeluarkan hasil rumusan, terkait dengan pertemuan KUB Inka Mina, yang isinya mencakup tentang evaluasi, dan solusi untuk pengembangan KUB Inka Mina,” tutup Iffat.

(mg01/Palu Ekspres)

Komentar ditutup