Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kecamatan Palu Timur Aktif Jalankan K5

195

PALU, PE – Pelaksanaan program K5 (kebersihan, keindahan ketertiban, kenyamanan, keamanan) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, disebut berjalan dengan baik dan aktif, di Kecamatan Palu Timur.

“Alhamdulillah, kita bersyukur, untuk program K5 para Lurah di Kecamatan Palu Timur, aktif mengawasi warganya. Saya pantau mulai akhir pekan, Insya Allah, kita mungkin sudah mulai sedikit mulai berubah wajah menjadi lebih bagus,” kata Camat Palu Timur, Kasrun Tori, saat ditemui, Senin lalu.

Kebersihan lingkungan, kata Kasrun, sangat penting, karena dirasakan langsung oleh masyarakat. Olehnya, Kasrun menekankan kepada para Lurah, untuk menjadikan wilayah Kecamatan Palu Timur, sebagai barometer atau contoh, dalam pelaksanaan program K5.

“Saya sampaikan kepada para Lurah, kita harus jadi barometer. Makanya, kita harus terus berbuat. Karena kebersihan itu, yang pertama kali merasakan langsung, ialah masyarakat sendiri,” imbuhnya.

Kasrun juga mengimbau, kepada para warga Palu Timur, untuk menyediakan penyaring sampah di tiap selokan depan rumah atau kantor masing-masing. Hal ini dilakukan, untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah, di aliran bawah selokan, yang dapat menyebabkan banjir.

“Jadi, sampah yang dibuang di atas, tidak menumpuk lagi dibawah, masing-masing rumah atau kantor bisa bertanggung jawab dengan sampahnya sendiri. Rajin-rajin lah membersihkan selokan, kalau tidak, bisa buntuk semua kita punya selokan nanti,” ujar Kasrun.

Kasrun juga mengapresiasi, para Lurah di Palu Timur, yang juga telah aktif menjalankan program untuk menangani masalah keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

“Contohnya, di Lolu Utara dan Lolu Selatan, yang pada malam akhir pekan lalu, melakukan sidak di rumah-rumah kos, serta melakukan penertiban para pengamen jalanan. Ini juga sudah saya imbau kepada seluruh RT dan RW, agar membantu dan aktif dalam penanganan ketertiban dan keamanan ini,” pungkas Kasrun.

(mg01/Palu Ekspres)

Komentar ditutup