Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

SMPN 3 Palu Tingkatkan Kemampuan Pengajar Pendidikan Inklusi

115

PALU, PE – Ketersediaan guru pembimbing khusus dipandang sangat penting dalam menunjang program pendidikan inklusi, bagi para siswa berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas).

Olehnya, SMP Negeri 3 Palu, sebagai salah satu sekolah reguler, yang memprogramkan pendidikan inklusi, terus berupaya meningkatkan kualitas pengajar, sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan tersebut.

“Saat ini, teman-teman guru dari SMPN 3 Palu, sudah ada yang dilatih, bahkan mungkin akan ke Surabaya untuk mengikuti pendidikan lagi. Ada dua orang termasuk saya sendiri, yang sudah diuji kompetensi, sebagai guru pembimbing pendidikan inklusi,” kata Kepala SMP Negeri 3 Palu, Nurdin I. Umar, yang ditemui usai kegiatan Sosialisasi Pendidikan Inklusi di sekolahnya, Selasa 28 Februari 2017.

Nurdin menuturkan, peningkatan kualitas tersebut, merupakan bagian dari upaya bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK dan PLK), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Daerah Sulteng, dalam meningkatkan kualitas guru pembimbing pendidikan inklusi.

“Kami sangat termotivasi untuk melaksanakan ini, karena ini tanggung jawab moral, bagaimana mencerdaskan anak-anak bangsa, yang berkebutuhan khusus. Alhamdulillah, pembinaan dari Disdikbud provinsi sangat bagus,” ujar Nurdin.

Di SMP Negeri 3 Palu, sebut Nurdin, sejak dua tahun terakhir, telah intens menerapkan pendidikan inklusi, dan secara intens memerhatikan anak-anak yang berkebutuhan khusus di sekolah.

Saat ini, ada sebanyak 63 orang siswa berkebutuhan khusus, dari 1403 jumlah total siswa di SMP Negeri 3 Palu.

Para siswa berkebutuhan khusus tersebut, jelas Nurdin, digabungkan kelasnya dengan para siswa lainnya, namun memiliki metode dan penilaian yang berbeda di setiap mata pelajaran.

“Karena namanya Inklusi, jadi kelasnya digabung. Hanya saja, metode dan bobot penilaiannya berbeda, artinya guru-guru akan memahami bagaimana model penilaian dan metodenya kepada mereka,” pungkas Nurdin.

(mg01/Palu Ekspres)

Komentar ditutup