Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Diplomasi Jalan-jalan Ala PM Turnbull dengan Jokowi

103

SYDNEY, PE – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan pertemuan resmi dengan PM Australia Malcolm Turnbull, di hari kedua kunjungan Jokowi di Sydney, Minggu (26/2).

Jokowi dan rombongan diterima di Admiralty House, yaitu kediaman resmi Gubernur Jenderal Australia di Sydney. Di tempat tersebut, Jokowi dan PM Turnbull menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama di bidang maritim dan ekonomi kreatif.

Ada yang unik dari cara PM Turnbull menjamu kedatangan Presiden Jokowi. Keduanya jalan pagi bersama di Royal Botanic Garden Sydney.

Di luar agenda resmi kenegaraan, kedua pemimpin negara yang mengenakan busana kemeja santai tersebut berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, mengelilingi taman yang berlatar belakang pemandangan Opera House Sydney dan Harbour Bridge.

Tak jarang, mereka berinteraksi dengan warga lokal yang sedang berolahraga pagi. Bahkan, PM Turnbull memperkenalkan Presiden Jokowi kepada beberapa warga Australia yang melintas termasuk kepada seorang ayah yang membawa bayi berusia 8 minggu.

Pengamanan yang tidak begitu ketat, membuat jalan pagi berlangsung santai dan cair. Termasuk warga yang bebas melintas membuat suasana seolah tidak ada kepala negara yang hadir di sana.

Diplomasi jalan pagi itu, bisa jadi menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan hubungan antar kedua negara agar semakin baik di masa yang akan datang.

(fat/jpnn)

Komentar ditutup