Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kekalahan Si Doel di Banten Makan Dua Tumbal

119

SERANG, PE – Kekalahan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Sarief dalam pertarungan pemulihan Gubernur Banten berbuntut panjang. Dengan kekalahan itu, DPP PDIP resmi mencopot Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Serang Ida Rosida Lutfi dan Ketua DPC PDIP Kota Tangerang Hendri Zein dari jabatannya.

Surat pencopotan kedua ketua cabang itu ditandatangani Ketua Umum DPP PDIP Megawati dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Berarti, sudah tiga pimpinan partai banteng moncong putih di Banten yang dicopot jabatannya. Ketiganya terkait pilkada. Untuk Ida dan Hendri Zein merupakan buntut kekalahan pasangan Rano-Embay, pada Pilkada  Banten 2017, Rabu 15 Februari lalu.

Kader senior “Tanah Jawara” Ananta Wahana ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua DPC PDIP Kota Tangerang, sementara Asep Rahmatullah sebagai Plt Ketua DPC Kabupaten Serang.

Sementara itu, menjelang Pilkada Banten, Ketua DPC PDIP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tb Bayu Murdani dipecat dari posisinya sebagai ketua DPC karena tidak mengindahkan instruksi DPP terkait pencalonan walikota-wakil walikota pada Pilkada Tangsel 2015 lalu yang digantikan Plt Kris Utomo.

Angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Banten tercatat cukup kecil yaitu 63 persen atau sebanyak 4.874.585 pemilih. Banyak warga yang memutuskan tidak memilih, yaitu sebanyak 37 persen atau 2.857.825 orang.

Berdasarkan hasil scan C1 yang dipublikasikan website KPU RI, pasangan calon nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumy unggul tipis dengan perolehan suara 2.405.603 atau 50.93 persen. Sementara pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief di posisi kedua dengan perolehan 2.317.866 suara atau 49.07 persen.

(rus/rmol/jpg/PE)

Komentar ditutup