oleh

Sesar Palu Koro Bergerak, Gempa 3,7SR di Bora Sigi

PALU EKSPRES, PALU– Gempa bumi tektonik dilaporkan terjadi di Bora Kabupaten Sigi Sulteng, Minggu 5 Juli 2019 dengan kekuatan 3,7 skala reichter. Sejumlah warga di wilayah di Palu dan Sigi merasakan guncangan yang berbeda.

Guncangan gempa ini dilaporkan warga terasa keras di wilayah Palolo Kabupaten Sigi. Berbeda dengan laporan warga di Marawola dan Tinggede, yang sama sekali tidak merasakan adanya getaran.

Kepala BMKG Palu Cahyo Nugroho dalam rilisnya menjelaskan, sesuai hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 3,7.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.11 LS – 119.91 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 8 km arah baratdaya Bora (Kabupaten Sigi), Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 5 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Palu Koro,” tulis Cahyo, Minggu malam 5 Juli 2020.

Berdasarkan laporan masyarakat, kata Cahyo, gempabumi ini dirasakan III MMI di Sigi dan II sampai III MMI di Palu. Sementara hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Karenanya ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ia pun meminta masyarakat untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG. Yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

“Kami imbau asyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,”pungkasnya. (**/mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed