oleh

Lagi, Sausu Peore Parimo Dihantam Banjir, Ratusan Warga Terisolir

PALU EKSPRES, PARIMO– Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, kembali terendam banjir akibat meluapnya sungai Sausu, Jumat malam (19/6/2020) sekitar pukul 00.00 WITA.

Sungai Sausu meluap karena di wilayah tersebut dan sekitarnya diguyur hujan lebat sejak beberapa hari terakhir. Ummy Kalsum, salah satu anggota DPRD Parigi Moutong Dapil Kecamatan Sausu mengatakan, akibat banjir diperkirakan 103 Kepala Keluarga (KK) di Dusun 1 Desa Sausu Peore terisolir.

“Ada dua dusun yang terendam banjir di Sausu Peore yakni, dusun satu dan dusun dua,” kata Ummy Kalsum saat dikonfirmasi di Sausu, Sabtu (20/6/2020).

Menurut Ummy, ratusan warga dusun 1 di desa itu tidak memiliki akses untuk bisa keluar maupun masuk ke desa. Sebab, jembatan yang terbuat dari kayu sebagai penghubung antara dusun satu dan dusun dua ambruk diterjang arus banjir.

Jembatan tersebut kata dia, merupakan satu-satunya akses penyeberangan di Desa Sausu Peore. Sehingga, masyarakat berharap kepada pemerintah daerah setempat bisa segera mengantisipasi persoalan ini dengan melakukan normalisasi sungai.

“Yang pastinya saya dan masyarakat berharap Pemda bisa segera mengakhiri bencana,” ujarnya.

Menurut dia, Desa Sausu Peore sudah menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Kondisi ini tidak mungkin hanya terus dibiarkan seperti ini. Tentunya ada solusi dari pemerintah khususnya dinas terkait.

“Desa Sausu Peore sudah menjadi langganan banjir setiap tahunnya dan tidak bisa dibiarkan seperti ini terus, harus ada perhatian khusus pemerintah,” ungkapnya.

Ia berharap permohonan  normalisasi sungai yang selalu diajukan sebagai aspirasi warga desa itu bisa segera dieksekusi oleh pemerintah daerah maupun pusat.

Sementara itu mengenai jembatan kayu di dusun satu yang ambruk lanjutnya, warga di desa setempat meminta agar segera dibangun baru. Karena tidak ada akses jalan lain yang bisa dilalui oleh warga.

“Terkait hal ini saya sdah berkomunikasi dengan Kepala BPBD dan Kabid di Dinas PU, Insya Allah siang ini saya akan turun lagi ke lokasi bersama beliau,” terangnya.

Dengan turunnya pihak pemerintah ke lokasi banjir, diharapkan ada tindaklanjut terkait persoalan banjir di Desa Sausu Peore.

“Kasihan warga yang terisolir makanya mereka sangat mengharapkan ada normalisasi sungai agar kedepan tidak ada lagi banjir mereka rasakan seperti saat ini,” ujarnya.(asw/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed