oleh

Petahana Diingatkan Bawaslu, Jangan Gunakan Program Pemda Sebagai Media Kampanye

PALU EKSPRES, SIGI-Wakil Bupati Sigi, Paulina, menerima kunjungan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi.
Adapun tujuan kunjungan Bawaslu Sigi dalam rangka memberikan sosialisasi secara langsung ke pimpinan daerah terkait aturan Pilkada. “Pemberian sosialisasi secara langsung kepada pimpinan daerah, diharapkan bisa melakukan pencegahan pelanggaran yang dapat terjadi dalam proses pemilihan kepala daerah pada tahun 2020,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi, Steni Marini Pettalolo, Rabu, 17 Juni 2020.
Dalam kesempatan itu pula, Steni menyampaikan, sesuai Pasal 71 UU No.10 tahun 2016 tentang Pilkada, membatasi kewenangan kepala daerah (Petahana, red.) dan peserta pilkada memiliki kesamaan untuk berusaha menang dalam Pilkada tanpa ada yang merasa diuntungkan atau dirugikan.
“Petahana tidak boleh menjalankan program Pemda yang sedang berjalan sebagai media kempanye,”tegasnya.
Bawaslu Sigi juga mengingatkan, terkait netralitas ASN jelang pelaksanaan Pilkada. Di mana, Bawaslu selaku lembaga pengawasan pemilu akan mengawasi setiap pelanggaran yang terjadi dalam tahapan pemilihan. Baik itu yang dilakukan oleh ASN ataupun kepala desa yang dilakukan ditingkat desa.
Wakil Bupati Sigi, Paulina, mengharapkan kepada Bawaslu agar sebagai lembaga pengawas pemilu, dapat memberikan pembinaan terkait netralitas ASN.
Selain itu, Paulina juga meminta kepada Bawaslu Sigi untuk mengawasi dan menindak tegas lembaga pengawas yang berada di kecamatan dan desa jika didapat melakukan pelanggaran dalam pilkada. (mg4/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed