oleh

Pemkot Palu Siap Ikuti Lomba Menuju Tatanan Normal Baru

Wali Kota Palu Hidayat dalam rapat persiapan mengikuti lomba inovasi daerah terkait tatanan normal baru, Rabu 3 Juni 2020. Foto: Istimewa.

PALU EKSPRES, PALU– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar ajang lomba inovasi daerah menuju tatanan norma baru paska darurat bencana nasional non alam (Covid 19) tahun 2020.

Ajang ini bertujuan mendorong gerakan nasional melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, membangun kehidupan masyarakat agar kembali produktif, serta membangun kembali kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis.

Sekaitan ini, Wali Kota Palu Hidayat langsung memimpin rapat koordinasi (Rakor) bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Palu. Membahas kesiapan keikutsertaan Kota Palu dalam ajang tersebut, Rabu 3 Juni 2020.

Kabag Humas Pemkot Palu, Goenawan menjelaskan, ajang nasional ini juga bertujuan menyiapkan prakondisi penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara masif oleh Pemerintah provinsi, kabupaten/kota. Termasuk menciptakan situasi kondusif di lapangan dengan menerapkan kehidupan normal baru.

Menurutnya, melalui ajang ini pemerintah nantinya akan memperoleh model protokol Covid-19 terbaik. Sesuai dengan aspek kesehatan dan kemanan. Serta mencegah penyebaran Covid-19 melalui protokol kesehatan yang dibuat pemerintah daerah.

Sektor yang dilombakan antara lain hotel, penginapan, pasar tradisional, pasar modern, mal, supermat, mini market, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), restoran, cafe, rumah makan dan sejenisnya, transportasi umum, dan tempat wisata.

Untuk mengikuti lomba ini, Goenawan menjelakan pemerintah daerah akan melakukan registrasi pada sistem indeks inovasi daerah. Mengirim bukti registrasi, mengisi deskripsi singkat, dan mengunggah video inovasi daerah menuju tatanan normal baru.

Pengiriman video kata dia akan dimulai 1 sampai 8 Juni 2020. Lalu tahap penilaian pada 9 sampai 12 Juni 2020. Sedangkan pengumuman pemenang tanggal 15 Juni 2020.

“Daerah yang menang akan diberikan piagam penghargaan dan Dana Insentif Daerah,”katanya.

Dia menambahkan, Pemkot dalam ajang ini juga akan menyertakan video tentang pola pencegahan dan upaya pengendalian yang dilaksanakan Pemkot Palu. Semisal kegiatan pencatatan pelaku perjalanan di pos perbatasan, bandara dan pelabuhan laut.

Serta sejumlah program yang dilaksanakan tim surveillance gugus tugas Covid dalam upaya tracking dan perawatan terhadap seluruh status klinis yang mengarah ke Covid 19. Serta kebijakan jaring pengaman sosial bagi pasien yang menjalani perawatan. (mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed