oleh

Tiga Daerah di Sulteng Sudah Transmisi Lokal, Rapid Test Massal Akan Segera Dilaksanakan

PALU EKSPRES, PALU– Rapat koordinasi terkait penanganan dan pengendalian penyebaran Covid 19 digelar bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sekdaprov Sulteng) dan Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, Reny Lamadjido dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bartholomeus Tandigala, Selasa 26 Mei 2020.

Beberapa hal penting mengemuka dalam rapat yang digelar di ruang kerja Sekdaprov Sulteng ini sekaitan upaya penanganan Covid 19.

Misalnya rencana Gugus Tugas Covid 19 tingkat provinsi untuk melakukan rapid test massal di Kota Palu. Sebagai salah satu langkah percepatan penanggulangan wabah ini.

Rencana ini dikemukakan Hidayat Lamakarate selaku Ketua Harian Gugus Tugas Covid 19 Sulteng. Dia mengatakan rapid test massal ini harus dilaksanakan bersama Gugus Tugas Covid 19 Kota Palu.

“Saya meminta kepala dinas kesehatan provinsi selaku wakil sekretaris Gugus Tugas Covid mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik,”kata Hidayat.

Hidayat menambahkan rapid test massal di Palu perlu dilakukan secepatnya jika semua hal telah dipersiapkan.

“Kita Harus pastikan minggu ini kita sudah lakukan rapid tes massal ini di Kota Palu,”sebutnya.

Langkah-langkah penanganan yang sudah berjalan kata Hidayat pada prinsipnya sudah sangat baik. Untuk meningkatkan penanganan, maka dinas kesehatan Sulteng perlu melakukan hal berikut.

Pertama, memastikan penanganan pasien di Kabupaten Buol dan Tolitoli  berjalan dengan baik. Dan mempercepat  hasil rapid tes yang dilakukan didaerah tersebut .

Iapun meminta kadis kesehatan agar hasil rapid tes positif yang telah dilalukak di Kabupaten Banggai Laut segera ditingkatkan ke uji swab di laboratorium provinsi.

“Dengan begitu kita berharap dapat memastikan apakah yang bersangkutan positif atau tidak,”ujarnya.

Selanjutnya meminta kadis kesehatan memastikan langkah langkah penanganan penanggulangan covid -19 kabupaten lainnya yang sudah berjalan dengan baik.

Kepada Kepala Pelaksana BPBD Sulteng, Sekdapprov meminta untukterus memastikan penanganan bercana bisa tertangani dengan baik. Ini sekaitan dengan bencana alam banjir bandang di beberapa kabupaten.

“Pastikan pemerintah hadir kalau terjadi bercana,”demikian Hidayat.
Terimakasih kepada petugas medis dan non medis yang telah berbuat baik dalam menangani bercana alam dan non alam,”demikian Hidayat.

Sebelumnya, Reny Lamadjido, mengemukakan angkah langkah penanganan penagulangan Covid -19 di Sulteng.

Dia menegaskan perlu adanya langkah yang lebih progresif dalam penanganan Covid 19. Utamanya di Kota Palu, Kabupaten Buol dan Tolitoli.

“Karena Poso, Kota Palu dan Buol sudah masuk daerah penyebaran dalam transmisi lokal,”katanya.

Kemajuan percepatan kesembuhan pasien Covid -19 menurut dia sangat mengembirakan. Setelah mendorong Dinas kesehatan Kabupaten dan Kota untuk melakukan Rapid  tes .

“Sudah dilakukan seperti di Buol dan Toli Toli yang saat ini melakukan Rapid tes untuk 90 oang dan di Tolitoli sebanyak 80 orang,”pungkasnya.

Kalak BPBD Sulteng, Bartholomeus Tandigala dalam kesempatan itu melaporkan bahwa bencana alam banjir sudah tertangani dengan baik.

“Kami pastikan Pemerintah Sulteng sudah hadir disana,”singkat Bartholomeus.(**/mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed