oleh

Penyaluran BLT DD Tahap I di Parimo akan Berakhir Sebelum 24 Mei

PALU EKSPRES, PARIGI– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Fit Dewana kepada wartawan di Parigi, Senin (18/5/2020), mengatakan, batas akhir penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap satu di Parimo sebelum tanggal 24 Mei tahun ini.
Hal itu kata dia berdasarkan instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) tentang percepatan penyaluran BLT DD Nomor 1 Tahun 2020.
Menurut dia, dengan adanya instruksi penyelesaian BLT DD tahap satu ini, maka desa diwajibkan untuk segera melaksanakan penyaluran berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan pemerintah pusat.
“Sangat jelas BLT DD untuk bulan April disalurkan sebelum lebaran, karena melihat kebutuhan masyarakat di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.
Dijelaskannya, kurang lebih 40 persen dari 278 Desa di 23 Kecamatan di wilayah Kabupaten Parimo telah menyalurkan BLT DD, berdasarkan laporan pendamping desa setiap harinya kepada pihak PMD terkait progres penyalurannya.
Fit mengaku, keterlambatan desa dalam penyaluran ini karena kewaspadaan pemerintah desa atas data penerima BLT Bansos dari Kementerian Sosial dan BLT DD
“Yang ditakutkan bantuan bisa menjadi dobel diterima oleh masyarakat. Karena ada sebagian masyarakat sudah masuk dalam data PKH, BPNT serta DTKS yang sampai saat ini belum diberikan kepada kami,” ungkapnya.
Selain keterlambatan itu tambahnya, pihak desa juga melakukan upaya asas pemerataan untuk memenuhi kebutuhan warga yang tidak masuk dalam data tersebut.
Sementara aturan yang ada tidak membenarkan hal itu. Kemudian bagi desa yang jumlah masyarakat miskinnya lebih besar yang dialokasikan, dapat menambah alokasi setelah mendapat persetujuan dari pemerintah desa.
“Contohnya, jika DD kurang dari Rp 800 juta, BLT DD maksimal 25 persen, sehingga ketika mengalami kekurangan desa dapat mengusulkan kembali,” ujarnya. (asw/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed