oleh

Wabah COVID-19 Tak Pengaruhi Aktivitas Nelayan di Parimo

PALU EKSPRES, PARIGI– Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Efendi Batjo mengatakan, di situasi pandemi COVID-19 saat ini tidak mempengaruhi aktivitas nelayan di Parigi Moutong.
Menurut Efendi, sejauh ini kegiatan melaut tetap berjalan normal di sektor perikanan tangkap.
“Perikanan tangkap ini merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten ini,” kata Efendi kepada wartawan di Parigi, Kamis (7/5/2020).
Selain sektor pertanian, kata dia, sektor perikanan tangkap di Parimo juga didukung dengan garis pantai yang cukup luas sekitar 472 kilometer yang berada di kawasan Teluk Tomini.
Bahkan, kata Efendi, ada sisi positif dengan terjadinya bencana non alam wabah COVID-19. Nelayan yang sebelumnya jarang melaut, kini lebih giat melakukan aktivitas menangkap ikan.
Lanjut dia mengatakan, dari pantauan pihaknya bahkan ada yang bukan nelayan pun ikut turun melaut.
Artinya, ini menunjukkan bahwa roda perekonomian di sektor perikanan tangkap tetap stabil dan hasil tangkapan mereka langsung dijual ke sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Parimo.
Sedangkan, di sektor budidaya perikanan tambahnya, harga jual mereka sedikit terkoreksi khususnya komoditas udang dan ikan bandeng yang masuk dalam ekspor.
“Penurunan harga terhadap dua komoditas itu rata-rata sekitar lima persen dan itu tidak berpengaruh signifikan,” katanya. (asw/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed