oleh

Hasil Rapid Test, Satu Warga Lero Donggala Reaktif Gejala COVID-19

-Daerah-3.621 views

PALU EKSPRES, DONGGALA- Seorang warga Dusun Bonda,  Desa Lero, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, inisial MH (43) dinyatakan reaktif terhadap gejala Corona Virus Deseas 2019  atau COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan dengan Rapid Test.

Meski demikian, MH tersebut perlu pemeriksaan lebih lanjut menggunakan swab tenggorokan untuk memastikan yang bersangkutan positif virus corona. Saat ini MH sudah di karantina di RSUD Kabelota, Donggala.

Berdasrkan informasi yang dihimpun wartawan Palu Ekspres, Rabu (6/5/2020), Polsek Sindue telah melakukan koordinasi terhadap  pihak Puskesmas Toaya terkait adanya warga Desa Lero yang reaktif setelah menjalani rapid test.

MH hingga diketahui reaktif terhadap gejala COVID-19  setelah dua kali menjalani rapid test. Pertama, pada tanggal 17 April 2020 setelah  melakukan perjalanan ke Kota Palu pada kantor  salah satu partai. Hasil rapid testnya non reaktif/negative.

Kemudian pada tanggal 18 April 2020 hingga 23 April 2020,  MH setiap hari melakukan perjalanan pergi pulang ke Palu dengan tujuan antara lain ke salah satu kantor partai politik,  rumah salah satu figure yang berkeinginan maju di Pilkada. Lalu tanggal 24 April 2020 hingga 2 Mei 2020, MH tidak melakukan perjalanan ke luar daerah,  hanya di wilayah Desa Lero saja. Kemudian pada tanggal 02 Mei 2020 sekitar pukul 15.00 WITA melakukan perjalanan ke Palu tujuan kantor partai politik yang biasa dia kunjungi.

Pada pukul 17.30 WITA, MH menjalani pemeriksaan rapid test dan hasilnya positif. Pemeriksaan dilakukan sebanyak dua kali dan hasilnya tetap positif. Kemudian yang bersangkutan pulang ke rumahnya di Desa Lero dan memberitahukan kepada keluarganya dan langsung melakukan isolasi mandiri.

Pada tanggal 5 Mei dilakukan lagi pemeriksaan di Puskesmas Toaya dan hasil testnya  dinyatakan reaktif. Setelah diketahui yang bersangkutan reaktif terhadap gejala COVID-19 berdasarkan hasil rapid test, petugas Puskesmas Toaya bersama petugas laboratorium melakukan pengecekan dan pemeriksaan langsung terhadap keluarga terdekat yang bersangkutan yaitu, istri dan anak- anaknya.  Dari hasil rapid test  tersebut dinyatakan negatif.

Sementara itu Kepala Puskesmas Toaya, Murni dihubungi, Rabu (6/5/2020), untuk dimintai keterangannya melalui pesan Whatsapp, awalnya tidak memberi respon walaupun pesan sudah terbaca.

Esok harinya, Kamis (7/5/2020), Kepala Puskesmas Toaya, Murni, baru menjawab pesan yang dikirim Palu Ekspres. Ia akhirnya membenarkan adanya satu warga Lero reaktif setelah menjalani rapid test. “Iya, benar. Satu positif (hasil rapid test), pak,” demikian Murni.

Murni mengatakan, saat ini  warga berinisial MH sudah ditangani dengan prosedur COVID-19 di RSUD Kabelota Donggala sambil menunggu hasil tes swab dari Makassar. (**/mg6/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed