oleh

MusrenbangNas 2020, Jokowi Bahas Refocusing Anggaran

PALU EKSPRES, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H Longki Djanggola berkesempatan mengikuti jalannya Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo, Kamis 30 April 2020. Longki tidak bertolak ke Jakarta untuk kegiatan ini. Melainkan hanya mengikutinya lewat video confrence dari ruang kerjanya. Ia didampingi sejumlah pejabat penting lingkup penting lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng yang selalu setia menemaninya.

Sebut saja Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, Dr Ir. Bunga Elim Somba, Kepala Biro Humas dan Protokol Drs Moh Haris Kariming yang juga mengepalai Pusdatina Covid 19, serta seorang kepala bidang ekonomi yang tidak diketahui jelas namanya. Presiden RI, Ir Joko Widodo dari balik layar televisi mengatakan, Musrenbangnas merupakan siklus tahunan dalam merencanakan pembangunan tahun tahun berikutnya.

“Perencanaan pembanguan tahun 2021 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini,”kata Presiden. Dalam menghadapi wabah Covid-19, Jokowi, sapaan akrab Presiden menyebut, pemerintah telah melakukan penyesuaian target pembangunan dengan cara realokasi dan refocusing anggaran. “Kita geser prioritas pada 3 hal. Yaitu bidang kesehatan, jaring pengaman sosial bagi warga miskin serta stimulus ekonomi agar pelaku usaha bisa bertahan dan mencegah terjadinya PHK,” katanya.

Karena itu Jokowi berharap seluruh peserta video confrence yang mengikuti Musrebangnas ini untuk mengambil langkah-langkah mitigasi. Mulai dari dampak kesehatan dan ekonomi serta menyiapkan langkah-langkah recovery jika penyebaran Covid-19 sudah dikendalikan. Sementara itu Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, MusrenbangNas 2020 sangat berbeda dari sebelum -sebelumnya. Karena tahun ini digelar secara virtual. (Humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed