oleh

Stimulan Tahap II di Sigi, Akhir Maret 2020, Penyaluran Dana Dituntaskan

-Daerah-1.253 views

PALU EKSPRES, SIGI-Pemerintah Kabupaten Sigi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi menargetkan penyaluran Dana Stimulan tahap II selesai pada akhir Maret 2020 ini.

Demikian diungkapkan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sigi, H. Iskandar Nongtji.
Menurutnya target ini sesuai instruksi dari Bupati Sigi Mohamad Irwan yang menginginkan agar penyaluran dana stimulan tahap II segera diselesaikan.

Terkait progres tahapan dana stimulan kata Iskandar, saat ini telah dilakukan proses verifikasi dan segera dilakukan uji publik data stimulan, yang rencananya akan dilakukan pada Rabu 11 Maret 2020.

“Hal ini dimaksudkan untuk mengumumkan data yang terverifikasi bagi penerima dana stimulan. Uji publik ini akan kita lakukan selama satu minggu. Di uji publik ini, silahkan melakukan klaim dari klasifikasi rusak ringan, sedang maupun berat, ” ungkap Iskandar Nongtji, Rabu, 11 Maret 2020.

Iskandar menjelaskan, uji publik ini akan dilakukan lewat spanduk atau banner yang akan dipasang di kecamatan dan desa. Dan, ini akan diumumkan kepada para pendamping desa yang terdiri dari masyarakat dan kepala desa untuk mengumumkan kepada masyarakat agar melihat langsung daftar nama-nama penerima stimulan.

Di pengumuman tersebut lanjut Iskandar, akan tertera kontak person yang bisa dihubungi, sehingga masyarakat bisa menyampaikan jika terdapat permasalahan atau klaim terkait data penerima stimulan.

Dicontohkan, bila ada warga belum terdata segera menyampaikan ke pemerintah kecamatan atau desa, maupun persoalan lainnya. Sehingga tidak ada lagi persoalan terkait hal ini.

Iskandar menyebutkan, data penerima stimulan secara keseluruhan sebanyak 24.219 KK yang telah diverifikasi dan dipastikan di bulan Maret 2020 ini, seluruh data penerima stimulan akan rampung.

“Jadi pemerintah daerah benar- benar serius dalam hal ini dan memberikan dana stimulan maupun Huntap pada warga yang benar benar menerima, sehingga dana stimulan sebesar Rp.500 miliar lebih bantuan dari pusat tuntas terbagi,” ujarnya.

“Pak Bupati berharap semua ini bisa tuntas, jangan sampai hal ini terlunta- lunta, kita berharap ini bisa secepatnya selesai,” tambah Iskandar.

Terkait dengan pemungutan biaya dalam proses penyaluran dana stimulan tahap II, Iskandar mengimbau masyarakat untuk tidak memberikan biaya apapun baik dalam proses penggadaan dokumen, maupun administrasi, kepada pengurus dana stimulan.

“Melalui instruksi Bupati, kami akan segera mengeluarkan selebaran agar masyarakat penerima dana stimulan untuk tidak memberikan biaya dalam alasan apapun,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah menganggarkan dana penggadaan dokumen tersebut dengan dana yang berasal dari BPBD.

“Jadi kita akan berupaya dalam penggandaan dokumen itu melalui dana yang berasal dari BPBD, kami sudah melakukan rapat kemarin dengan seluruh pejabat yang ada di BPBD,” ungkapnya.

Sebelumnya, usai pertemuan dengan para anggota TP4 (tim pengawal pengamanan pemerintah dan pembangunan) Asisten II Iskandar Nongtji, mendapatkan informasi tentang pemungutan yang dilakukan oleh pengurus dana stimulan kepada masyarakat penerima bantuan dana stimulan tersebut sebesar Rp 20 ribu untuk proses penggandaan dokumen di salah satu desa di Kecamatan Dolo. (mg4/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed