oleh

KPU Harapkan PPK di Parimo Bekerja Profesional

PALU EKSPRES, PARIGI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) berharap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar bisa bekerja profesional dalam menyelenggarakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2020.

“Jadi, kami berharap dengan dilantiknya PPK, mereka bekerjasama dengan Panwaslu di tingkat kecamatan secara profesional dan mempunyai integritas yang baik demi suksenya pelaksanaan pemilahan serentak tahun 2020 khususnya Pilgub Sulteng,” kata Ketua KPU Parimo, Abdul Chair kepada wartawan di Gedung Serbaguna Tinombo usai pelantikan PPK, Sabtu (29/2/2020).

Abdul Chair mengatakan, PPK harus bersinergi dengan pemerintah kecamatan termasuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). “Sebagai penyelenggra di tingkat kecamatan tentunya mereka harus memiliki integritas demi suksesnya pelaksanaan Pilgub Sulteng,” ujarnya.

Tugas awal PPK setelah dilantik melakukan pemilihan ketua. Kemudian yang paling utama adalah membantu KPU dalam pelaksanaan perekrutan PPS atau tenaga adhock. Dan, paling utama adalah pemutakhiran data pemilih.

“Yang paling utama itu pemuktahiran data pemilih karena saat ini sudah berjalan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak 115 PPK yang telah diambil sumpah bekerja membantu KPU setempat dalam menyukseskan Pilkada dimana masa kerja mereka selama delapan bulan dengan kebutuhan masing-masing kecamatan lima orang.

Menurutnya pada tahapan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sedang berjalan, PPK diminta ikut terlibat dan saat ini perekrutan tenaga adhock tersebut sudah memasuki tahap verifikasi berkas.

“Tahapan yang paling penting mereka hadapi ke depan yakni pemutakhiran data pemilih,” kata dia menambahkan.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya tengah menunggu data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang nantinya akan diserahkan Dinas Dukcapil Provinsi Sulteng Ke KPU Provinsi. Kemudian selanjutnya diserahkan ke KPU Parimo dan langsung ke PPK untuk dilakukan pencermatan.

Pantauan media ini pelantikan PPK ini dihadiri Komisioner KPU Sulteng Syamsul Y Gafur, Asisten Bidang Administarsi Umum Pemkab Parigi Moutong, Komisioner Bawaslu setempat dan Kapolsek Tinombo serta pejabat lainnya. (asw/palu ekspres)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed