Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hasto Berharap Sinkronisasi Program Bangga Kencana 2020

0 65

PALU EKSPRES, PALU– Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo berharap seluruh program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakecana) Tahun 2020 dapat terintegrasi dengan seluruh stakeholder terkait lainnya.

Hal ini ia kemukakan saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) BKKBN Sulteng, Kamis 27 Februari 2020 di salahsatu hotel di Palu.

Menurut dia, melalui Rakerda, koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan Banggakencana dapat terwujud dengan baik. Tujuannya agar pembangunan nasional dapat tercapai. Utamanya terkait dengan tugas dan fungsi BKKBN melalui visi untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang.

Serta mendukung tercapainya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

“Kami yakin dengan komitmen yang kuat dari semua pihak, maka sasaran-sasaran program BanggaKencana dapat dicapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Hasto menjelaskan, Rakerda itu juga memiliki tujuan, yang salah satunya untuk menyegarkan komitmen dan peran serta pemerintah daerah, dan seluruh mitra kerja BKKBN, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten dan Kota, dalam peningkatan akses dan kualitas Program Banggakencana bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Istilah Banggakencana ini kami gunakan untuk memudahkan penyebutan program,yang secara nomenklatur resmi adalah Program Kependudukan, KeluargaBerencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), yang seringkali agak sulit untuk diucapkan. Semoga istilah Banggakencana ini dapat membawa angin segar bagi seluruh pengelola program dan khususnya dapat lebih memasyarakatkan program dan kegiatan Banggakencana,” harapnya.
Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati menyampaikan, Raker tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan sebagai penjabaran tindak lanjut pelaksanaan Rapat kerja nasional yang dilaksanakan tanggal 11 sampai 13 Februari Tahun 2020, di Kantor BKKBN Jakarta.

Kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Dengan Program Banggakencana kita wujudkan Peningkatan Kualitas Keluarga melalui Sinergitas Program Pembangunan dan data Keluarga di Provinsi Sulteng’ yang secara umum bertujuan meningkatkan dukungan Pemerintah daerah dan  mitra kerja dalam mewujudkan Kesejahteraan Keluarga di Sulteng.

Maria menyampaikan, peserta Rakerda tersebut sebanyak 246 orang terdiri, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pengendalian Penduduk dan Keluarga BERENCANA (KB)  kabupaten/kota, Mitra kerja, lembaga, atau organisasi, Pejabat Administtrator, Pejabat pengawas, di lingkungan Perwakilan BKKBN Sulteng, Ketua IPeKB Provinsi Sulteng. Penyuluh Keluarga Berencana, Jurnalis dan IPKB, serta Forum Genereasi berencana (GenRe).

“Materi yang yang disajikan pada Rakerda itu meliputi, Kebijakan dan Startegi Program Banggakencana, oleh Kepala BKKBN. Peran PKK dalam mendukung Program Banggakencana oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulteng. Dukungan BPS dalam penyelenggaraan Pendataan Keluarga Tahun 2020. Strategi Pelayanan KB dalam rangka menurunkan AKI, AKB dan Stunting,” ucapnya.

Rakerda itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan, Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa instansi,lembaga dan organisasi.

Pembukaan Rakerda itu dihadiri Pemerintah Provinsi Sulteng,  Kepala OPD KB tingkat Sulteng. Para bupati se Sulteng, Kepala SKPD tingkat kabupaten dan kota dan mitra kerja.(**/mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: