Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

WNI di Natuna Dipulangkan ke Kampung Halaman Sabtu

0 6

PALU EKSPRES, JAKARTA – World Health Organization (WHO) mengakui kemampuan Indonesia dalam mendeteksi virus korona. Laboratorium, alat, dan prosedur yang diterapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah sesuai dengan standar WHO.

”Kami sepenuhnya yakin bahwa laboratorium Indonesia mampu mendeteksi virus korona,” tegas Medical Officer WHO di Indonesia Vinod Kumar Bura kemarin. Pernyataan tersebut sekaligus menepis kabar yang mempertanyakan kemampuan Indonesia dalam mengendus virus korona. Keraguan itu mencuat karena pemerintah menyatakan bahwa Indonesia bersih dari virus korona. Padahal, negara-negara tetangga telah terjangkiti virus dari Wuhan itu.

Vinod menegaskan, fasilitas di laboratorium Balitbangkes Kemenkes sudah mumpuni. ”Kami sudah lama bekerja sama dengan Indonesia. Dan kami terus bekerja sama untuk memantau situasi ini,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Menkes Terawan Agus Putranto menyampaikan rencana pemulangan WNI dari Wuhan yang kini dikarantina di Natuna. Sesuai jadwal, mereka bakal dipulangkan ke kampung halaman masing-masing Sabtu (15/2/2020). Dia menjelaskan, Kemenkes menggelar rapat khusus untuk menyiapkan pemulangan itu. Prosesnya melibatkan sejumlah kementerian dan pemerintah daerah (pemda).

Setelah para WNI itu sampai di kampung halaman, akan dilakukan surveillance tracking. Kondisi mereka tetap dipantau. Menurut Terawan, hal itu adalah wujud kewaspadaan tingkat tinggi. Dia menegaskan, ketika para WNI tersebut sudah dipulangkan ke kampung halaman, artinya kesehatan mereka sudah baik. Mereka juga bisa berkumpul dengan keluarga dan tetangga. ”Saya juga ikut (pemulangan, Red). Saya nggak pakai masker, saya rangkul,” katanya. (jawa pos)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: