oleh

Harga Ikan Laut Melonjak, Warga Beralih Konsumsi Ikan Asin

PALU EKSPRES, PARIGI – Pedagang ikan asin di Pasar Parigi, Sultan mengaku, beberapa hari terakhir ini mengaku senang karena dagangannya laris terjual. Pasalnya, harga ikan laut melonjak tajam menyusul kurangnya stok ikan yang masuk ke Kabupaten Parimo, ditambah lagi kondisi cuaca yang tidak menentu.
“Kalau ikan laut mahal begini senang rasanya menjual karena banyak pembeli yang beralih membeli ikan asin,” kata Sultan kepada wartawan di Parigi, Kamis 23 Januari 2020.

Dengan situasi seperti saat ini katanya, hasil daganganya sedikit meningkat dari hari sebelumnya. Bahkan, stok ikan yang dimilikinya menjadi berkurang karena diserbu para pembeli.
“Ikan asin yang masuk ke saya itu dari Kendari, Gorontalo, Ampana, dan Luwuk. Tapi kebanyakan yang masuk itu dari Luwuk,” sebut Sultan. Ia mengaku, saat ini pihaknya sedang kekurangan stok sebab pemasok ikan asin yang menjadi langgananya belum masuk ke wilayah Parigi.
Sementara itu, Astin salah seorang ibu rumahtangga di Parigi mengatakan, di saat ikan laut mahal seperti saat ini, ia terpaksa beralih untuk membeli ikan asin. Ia memberikan perbandingan, dengan membeli ikan asin setengah kilo Rp 17.500 itu sudah cukup untuk persediaan selama lima hari. Sedangkan membeli ikan laut di pasar, harga ikan Cakalang ukuran sedang sebelumnya dijual Rp 20 ribu per ekor, kini harganya melonjak Rp 25 hingga 35 ribu per ekor.
Sementara ikan Katombo dalam kondisi normal harganya Rp 20 ribu setiap tujuh ekor. Namun dengan kondisi sekarang kata dia, membeli Rp20 ribu hanya bisa memperoleh empat ekor.
Hal senada juga diungkapkan Rusna. Ia lebih memilih ikan asin, tahu ataupun tempe karena itu harganya relatif stabil. “Saya pilih membeli ikan asin, tahu, dan tempe saja dulu sambil menunggu harga ikan laut kembali normal seperti sebelumnya,” ungkapnya.(asw/palu ekspres)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed