oleh

Pembukaan Masa Sidang Kedua, Bupati Sigi Berikan Penjelasan

PALU EKSPRES, SIGI-DPRD Kabupaten Sigi melaksanakan rapat paripurna masa persidangan kedua tahun 2020. Dengan agenda penjelasan Bupati Sigi atas pengajuan Ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Kamis 16 Januari 2020.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae, didampingi Wakil Ketua I Rahmad Saleh, dan Wakil Ketua II Torki Ibrahim Turra, serta dihadiri anggota DPRD dan para OPD dilingkup Pemerintahan Kabupaten Sigi.

Dalam rapat paripurna itu Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan, diawal masa persidangan kedua ini, pemerintah daerah (Pemda) akan mengajukan rancangan mengenai peraturan daerah tentang perubahan atas Perda Nomor 5 Tahun 2016.
“Pengajuan Raperda ini didasarkan atas bertambahnya kecamatan yang ada wilayah Kabupaten Sigi, yang sebelumnya berjumlah 15 kecamatan, saat ini menjadi 16 kecamatan yang telah ditetapkan melalui Perda Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pembentukan Kecamatan yakni Kecamatan Sigi Kota,”kata Irwan.

Lebih lanjut kata Irwan, pembentukan Kecamatan Sigi Kota merupakan hasil gabungan sebagian wilayah Kecamatan Sigi Biromaru, Kecamatan Dolo, dan Kecamatan Palolo.
Olehnya, kata Irwan, maka pengaturan perangkat daerah tentunya harus dirubah.
“Perubahan atas perda Kabupaten Sigi Nomor 5 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah yang memuat ketentuan tentang penambahan Kecamatan Sigi Kota sebagai bagian dari perangkat daerah Kabupaten Sigi, dapat diproses sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku,”jelas Bupati.

Ketua DPRD Sigi Mohamad Rizal, mengucapkan apresiasi kepada Bupati Sigi yang telah menyampaikan penjelasan tentang pengajuan Ranperda yang diajukan Pemda pada masa sidang kedua tahun ini.
“Setelah Bupati Sigi menjelaskan pengajuan Ranperda ini, DPRD Sigi nantinya akan menggelar kembali rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi atas Ranperda tersebut,” ungkap Rizal. (mg4/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed