Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Baru 2 Balon Perseorangan Setor Mandat ke KPU Palu

0 65

PALU EKEPSRES, PALU–  KPU Palu baru menerima dua mandat liaison officer (LO) dan tenaga operator Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dari dua kandidat bakal calon (Balon) jalur perseorangan dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Palu tahun 2020.

Kedua mandat LO dan operator ini masing-masing berasal dari Balon pasangan Agussalim – Jefri Wagiu serta Balon Anwar Saing.

Namun Komisoner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Palu, Iskandar Lembah menjelaskan, akses username  aplikasi Silon baru diberikan pada operator dari Balon Agussalim- Jefri Wagiu. Karena Balon perseorangan ini terdaftar lengkap berpasangan.

“Operator Silonnya sudah terdaftar lengkap dengan sekretariat. Makanya diberikan username untuk aplikasi Silon,”kata Iskandar.

Sedangkan untuk Balon Anwar Saing, KPU kata dia belum memberi username bagi operatornya. Karena masih terdaftar seorang diri, belum punya pasangan wakil.

“Belum diberi username karena belum mencantumkan calon wakilnya,”sebut Iskandar.

Untuk diketahui, Anwar Saing sebelumnya menggadang-gadang akan berpasangan dengan H Zainudin Tambuala  sebagai wakilnya. Namun belakangan keduanya batal untuk berencana maju bersama.

Iskandar Lembah menjelaskan, penyerahan syarat dukungan KTP bagi calon perseorangan dalam jadwal yang telah ditetapkan dimulai pada tanggal 19 Februari 2020.

Sementara batas akhir penyerahan dietapkan pada tanggal 23 Februari 2020. Bukan 23 Maret 2020, sebagaimana diberitakan Palu Ekspres sebelumnya pada Jumat 3 Desember 2019.

“Rentan waktu penyerahan dukungan KTP ini sudah sangat dekat,”kata Iskandar, Kamis 2 Januari 2020.

KPU Palu menurutnya dalam waktu dekat sudah harus mulai melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi tenaga liaison officer (LO) dan tenaga operator kandidat Balon perseorangan. Bimtek ini penting agar LO dan operator bisa  menguasai aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Karena dukungan KTP ini nantinya diinput langsung ke aplikasi Silon,”jelasnya.

Dia berharap kandidat Balon yang hendak mencalonkan jalur perseorangan agar segera menunjuk dan menyerahkan nama-nama LO dan operator untuk kepentingan Bimtek aplikasi Silon tersebut.

Untuk hal ini, pihaknya jelas Iskandar kembali mengeluarkan pengumuman nomor 01/PL.02.2-PU/7272/KPU-kota/1/2020 tentang penyampaian nama LO pasangan calon perseorangan.

Batas penyerahan nama-nama LO lanjut Iskandar yakni pada 6 Januari 2020. Karena Bimtek sendiri rencananya dilaksanakan pada 8 Januari 2020.

“Kita umumkan lagi, meski tak ada konsekuensi bila melewati batas. Karena ini bukan bagian dari tahapan, “ujarnya.

Terkait Bimtek aplikasi Silon, Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid, menjelaskan hal itu sangat penting untuk dikuasai. Mengingat formulir dukungan KTP nantinya akan dimasukkan satu persatu ke dalam Silon.

Pengumuman penyerahan nama LO dan operator untuk mengikuti Bimtek kata dia adalah langkah antisipatif. Agar tak ada komplain dari pasangan calon dikemudian hari berkaitan pemenuhan syarat melalui aplikasi Silon.

“Jangan sampai nanti ada yang komplain dan menyebut KPU tidak menginformasikan tentang cara penginputan data dukungan ke Silon,”demikian Agussalim. (mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: