Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tidak Ada Kompromi Mempertahankan Kedaulatan Indonesia!

0 7

PALU EKSPRES, JAKARTA – Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rahman mengatakan Indonesia akan bersikap tegas kepada Tiongkok tentang pelanggaran di Laut Natuna. Presiden Joko Widodo disebut Fadjroel tidak akan main-main dalam kasus ini.

“Berdasarkan arahan Presiden Jokowi, pemerintah Indonesia akan bersikap tegas sekaligus memprioritaskan usaha diplomatik damai,” ujar Fadjroel saat dihubungi, Sabtu (4/1).

Meski mengutamakan diplomasi perdamaian, kedaulatan Indonesia tetap tidak bisa diganggu gugat.

“Tidak ada kompromi dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia,” tegasnya.

Diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, telah terjadi pelanggaran yang dilakukan kapal-kapal China di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Retno menyampaikan, dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982 telah menetapkan bahwa perairan Natuna masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).
Oleh karena itu ia meminta China mematuhi aturan tersebut. Retno juga mengatakan, dalam rapat koordinasi para menteri sepakat untuk melakukan patroli di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di perairan Natuna. (jpc/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: